Dianggap Punah 150 Tahun Lalu, Peneliti Temukan Tikus Gould di Australia Barat
Tikus Gould sempat dianggap punah 150 tahun lalu. (Sumber: Wayne Lawler/australianwildlife.org)

JAKARTA - Seekor tikus yang diperkirakan telah punah lebih dari 150 tahun yang lalu, ditemukan peneliti hidup di sebuah pulau di lepas pantai Australia Barat.

Para ilmuwan membandingkan sampel DNA dari delapan hewan pengerat Australia yang punah dan 42 kerabat mereka yang masih hidup, dan menemukan bahwa tikus Gould yang telah punah, tidak dapat dibedakan dari tikus Shark Bay.

Mengutip CNN 29 Juni, para peneliti sedang mempelajari penurunan spesies asli negara itu sejak kedatangan orang Eropa di Australia pada tahun 1788.

Tikus yang masih akan dikenal dengan nama umum 'djoongari' atau tikus Teluk Hiu, pernah ditemukan di seluruh negeri, dari barat daya Australia Barat hingga New South Wales, tetapi terakhir terlihat pada tahun 1857.

"Pengenalan spesies invasif, pembukaan lahan pertanian dan penyakit baru menghancurkan spesies asli," kata para peneliti, menambahkan bahwa perubahan iklim dan manajemen kebakaran yang buruk juga mempengaruhi ukuran populasi.

Populasi djoongari yang tersisa terletak di sebuah pulau tunggal seluas 42 kilometer persegi (16,2 mil persegi) di Shark Bay, Pulau Bernier. Satu populasi kecil tidak cukup bagi suatu spesies untuk bertahan hidup, kata para peneliti, sehingga tikus-tikus itu dibawa ke dua pulau lain untuk membentuk populasi baru.

tikus gould
Tikus gould. (Sumber: sharkbay.org)

"Kebangkitan spesies ini membawa kabar baik dalam menghadapi tingkat kepunahan hewan pengerat asli yang sangat tinggi, yang merupakan 41 persen kepunahan mamalia Australia sejak penjajahan Eropa pada 1788," penulis utama Emily Roycroft, ahli biologi evolusi dari Australian National University (ANU), mengatakan dalam sebuah pernyataan.

"Sangat menarik bahwa tikus Gould masih ada, tetapi menghilangnya dari daratan menyoroti betapa cepatnya spesies ini berubah dari didistribusikan di sebagian besar Australia, menjadi hanya bertahan di pulau-pulau lepas pantai di Australia Barat. Ini adalah keruntuhan populasi yang sangat besar," tambahnya. .

Tim juga mempelajari tujuh spesies asli punah lainnya, yang ditemukan memiliki keragaman genetik tinggi sesaat sebelum kepunahan, menunjukkan bahwa populasi mereka tersebar luas sebelum orang Eropa tiba.

"Ini menunjukkan keragaman genetik tidak memberikan jaminan perlindungan terhadap ancaman kepunahan," Roycroft memperingatkan.

Lebih dari 80 persen mamalia Australia adalah endemik, sebagai akibat dari periode isolasi Australia yang lama dari benua lain. Tetapi, negara ini memiliki apa yang peneliti gambarkan dalam makalah tahun 2015 sebagai 'tingkat kepunahan yang luar biasa'.

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2019 menemukan, Australia adalah rumah bagi 6-10 persen dari kepunahan yang diakui dunia pasca-1500. Roycroft mengatakan kepunahan tujuh spesies asli terjadi 'sangat cepat'.

"Mereka mungkin umum, dengan populasi besar sebelum kedatangan orang Eropa. Tetapi pengenalan kucing liar, rubah, dan spesies invasif lainnya, pembukaan lahan pertanian, dan penyakit baru benar-benar menghancurkan spesies asli," papar.

Ia menambahkan, manusia telah memusnahkan ratusan spesies dan mendorong lebih banyak lagi ke ambang kepunahan melalui perdagangan satwa liar, polusi, hilangnya habitat dan penggunaan zat beracun.

Kepunahan massal keenam di Bumi sedang terjadi sekarang, jauh lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya. Dan, tingkat kematian spesies telah dipercepat dalam beberapa dekade terakhir, para ilmuwan memperingatkan.