Tujuh Hewan 'Ajaib' Ini Pernah Dianggap Punah oleh Dunia, Dua  Ada di Indonesia
Ilustrasi hewan-hewan yang disebut punah namun kini kembali dan berkembang biak. (Kolase/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - World Wildlife Fund (WWF) memperkirakan  rata-rata dunia telah mengalami penurunan 60 persen dalam ukuran populasi mamalia, burung, ikan dan amfibi karena aktivitas manusia.

Kita semua tahu tentang keberhasilan liar transisi panda dari hampir punah ke sebaliknya, tetapi proyek konservasi yang kurang dipublikasikan dapat berasal dari cara yang paling aneh dan mencapai banyak hal.

Ada ratusan contoh spesies lain yang muncul dari sisi lain pertempuran mereka dengan kepunahan. Entah itu memakan waktu beberapa dekade atau jutaan tahun.

Melansir Euronews, berikut adalah beberapa keberhasilan konservasi yang luar biasa dan kebangkitan tak terduga dari spesies yang pernah dianggap punah.

Tikus gajah Somalia

tikus gajah somalia
Tikus Gajah Somalia. (Wikimedia Commons/Steven Heritage)

Menyerupai tikus tapi seakan berbelalai seperti gajah, makhluk mirip trenggiling kompak ini diyakini telah punah pada tahun 1960-an karena kekurangan data. Konservasi Satwa Liar Global (GWC) bahkan telah mendaftarkannya sebagai 25 spesies paling dicari setelah tidak ada penampakan.

Para peneliti memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut hampir 50 tahun setelah laporan penampakan di Djibouti, sebuah negara di ujung Afrika. Mereka bingung dengan kabar ini, karena selama ini mereka menjadi satu-satunya negara yang diyakini telah dihuni sebelum kepunahan.

Setelah melalui serangkaian pencarian, peneliti berhasil menemukan 12 hewan ini hidup bahagia tanpa ancaman langsung terhadap kesejahteraan mereka, dan berharap untuk mempertahankan keberadaan ini. Syukurlah sejak itu telah dihapus dari daftar dan bahkan mungkin telah membawa kaki mungilnya melintasi Tanduk ke Ethiopia.

Kura-kura raksasa Fernandina

kura-kura galapagos
Kura-kura raksasa Galapagos. (Wikimedia Commons/Yotcmdr)

Yang ini memakan waktu lebih dari satu abad, tetapi tentu saja pantas untuk ditunggu. Pelestari kura-kura sangat gembira menemukan kotoran reptil ini di Taman Nasional Galápagos setelah tidak ada tanda-tanda kehidupan sejak 1906. Kura-kura yang bertanggung jawab adalah seekor betina yang diketahui telah berkeliaran di pulau itu sepanjang waktu. Sungguh mengherankan bagaimana hal ini mungkin terjadi mengingat aliran lahar besar di Pulau Galápagos.

Umurnya tidak berpengaruh pada prospek kawin, karena kura-kura dapat hidup sampai mereka berusia 200 tahun. Penjaga taman di seluruh proyek sedang merencanakan ekspedisi lebih lanjut untuk mencarikannya seorang teman.

Direktur Prakarsa Pemulihan Kura-kura Raksasa (GTRI) dari Galápagos Conservancy menyebutnya sebagai "pencapaian paling penting" dalam hidupnya.

Lord howestick insect

lord howestick insect
Lord Howe Stick Insect. (Instagram/@karensnapee)

'Lobster pohon' yang besar ini diperkirakan telah terkena dampak signifikan oleh bangkai kapal di Pulau Lord Howe di Australia lebih dari 100 tahun yang lalu. 

Sejumlah serangga tongkat Lord Howe terhuyung-huyung ke bawah sampai akhirnya diklasifikasikan punah pada 1980-an. Mereka ditemukan tumbuh subur di atas pohon yang mengelilingi Balls Pyramid, sebuah pulau yang terbentuk dari sisa-sisa vulkanik, beberapa dekade kemudian.

Sebenarnya pengelompokan ulang spesies tertentu ini bukannya tanpa tantangan. Para ilmuwan berpendapat, perbedaan antara makhluk mirip tongkat ini terlalu sulit untuk dibedakan dari spesies serupa.

Kisah ini berakhir bahagia berkat program penangkaran kebun binatang dan pengurutan genom dari sisa-sisa museum lama. Pemerintah Australia sekarang berencana untuk memperkenalkan mereka kembali ke pulau itu.

Coelacanth

coelacanth
Ikan purba Coelacanth. (Instagram/@daily_coelacanth)

Penemuan kembali coelacanth dianggap sebagai salah satu penemuan kembali hewan terpenting di abad ke-20. Mengapa? Karena mereka mendahului dinosaurus, itulah sebabnya. Sebelum ditemukannya kembali, satu-satunya keberadaan coelacanth yang diketahui melalui rekaman fosil berusia lebih dari 65 juta tahun, ketika diperkirakan telah punah.

Semua ini tidak akan mungkin terjadi tanpa wawasan ahli zoologi otodidak Marjorie Courtenay-Latimer. Pekerja museum Afrika Selatan sering dibawa untuk mengidentifikasi penemuan aneh para nelayan dan meminta bantuan Profesor James Leonard Brierley Smith untuk melakukannya. Mereka menyampaikan kabar keberadaannya melalui telegram.

Sebagian besar perilakunya masih menjadi misteri bagi para konservasionis, tetapi kita tahu bahwa mereka hidup dalam keberadaan yang tenang di dasar laut dan survei terakhir memperkirakan populasinya mencapai 230-650 ikan. Dan, ikan ini diketahui juga terdapat di perairan Indonesia.

Kuda Kaspia

kuda persia
Kuda Kaspia. (Sumber: 500 px esmail g.m via Wikimedia Commons)

Ada saat di mana orang Amerika mengira Kuda Kaspia, ras pemula yang disukai untuk penunggang kuda pemula, adalah catatan kaki bersejarah. Mereka ditemukan kembali di pegunungan Iran oleh peneliti Louise Firouz saat dia mencari kuda untuk menemani pusat berkuda barunya untuk anak-anak.

Dia menyadari, mereka akan menggunakan tanah itu untuk berlindung dari membawa kereta orang-orang kaya Persia dan Mesir. Menjadikannya sebagai misinya untuk menciptakan kawanan pengembangbiakan di mana mereka dapat berkembang biak. Mereka bahkan bisa hidup melalui pemenjaraan singkatnya selama revolusi Iran. Untungnya itu berhasil dan sekarang ada lebih dari seribu Kuda Kaspia di seluruh dunia.

Bermuda petrel

Kembali ke abad ke-15 dikatakan, lebih dari satu juta Bermuda Petrel menyebut pulau itu rumah mereka. Mengingat bahwa populasi manusia di pulau itu saat ini mencapai 60.000 atau lebih, keberadaan mereka pasti cukup.

Setelah periode panjang pemusnahan dari mamalia darat, kepunahan mereka tampaknya pasti sampai-sampai mereka diberi nama “spesies lazarus” - sejenis burung yang begitu berbeda, setiap peningkatan populasi akan tampak seperti kembali dari kematian.

Kembalinya ini menjadi kenyataan pada 1950-an secara kebetulan dan sejak itu telah difasilitasi oleh fakta bahwa burung-burung ini (dengan menggemaskan) kawin seumur hidup.

Sebuah proyek pemukiman sedang berlangsung di Pulau Nonsuch setelah kumpulan burung pertama berhasil dicetak. Wisatawan dapat melihatnya secara langsung dalam tur berperahu dan kamera langsung yang luar biasa yang dapat tayangkan secara online.

Pengoceh alis hitam

pelanduk kalimantan
Pelanduk Kalimantan. (Wikimedia Commons/M Rizky Fauzan via KLHK)

Pengoceh alis hitam atau di Indonesia disebut pelanduk kalimantan, tidak sengaja ditemukan oleh dua pengamat burung yang berkeliaran di hutan hujan Kalimantan, setelah lama dianggap punah.

Setelah beberapa spekulasi di komunitas ornitologi global, mereka dapat mengungkap penemuan yang luar biasa pada Oktober lalu. Waktu jauh dari kehidupan publik adalah "periode terlama" terlama dari setiap hewan Asia dan orang tidak tahu apa yang telah terjadi selama 170 tahun. Para peneliti sekarang mengira mereka mungkin bersembunyi di depan mata dari orang-orang yang tidak tahu bagaimana cara menemukannya.

"Penemuan sensasional menegaskan bahwa Black-browed Babbler berasal dari tenggara Kalimantan, mengakhiri kebingungan selama seabad tentang asal-usulnya," kata Panji Gusti Akbar dari kelompok konservasi burung Indonesia, Birdpacker. Ini telah menciptakan kerangka kerja yang tak ternilai untuk membuat populasi hutan mereka tumbuh.