44 Ribu Spesies di Dunia Terancam Punah Menurut Laporan Tahun 2023
Ilustrasi rusa. (Unpslash/Wolfgang Hasselmann)

Bagikan:

JAKARTA - Daftar Merah Spesies Terancam Punah pada tahun lalu mencatat lebih dari 44.000 spesies terancam punah, 2.000 spesies lebih banyak dari daftar tahun sebelumnya, menurut laporan yang dirilis oleh Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) di sela-sela gelaran COP28, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) lalu.

Adapun total hewan yang berhasil didata mencapai 157.000 spesies. Jumlah ini sekitar 7.000 spesies lebih banyak dibanding dengan data tahun lalu, dikutip dari Euronews 4 Januari.

Data itu menunjukkan perubahan iklim memperburuk krisis keanekaragaman hayati di bumi, membuat lingkungan menjadi lebih mematikan bagi ribuan spesies serta mempercepat penurunan drastis jumlah tanaman dan hewan di bumi.

"Spesies di seluruh dunia berada dalam tekanan yang sangat besar. Jadi, di mana pun Anda melihat, jumlah spesies yang terancam punah terus meningkat," kata Craig Hilton-Taylor, kepala unit Daftar Merah di IUCN.

Perubahan iklim memperburuk kondisi sekitar 6.700 spesies hewan yang sebelumnya sudah berstatus terancam punah, berdasarkan data tahun lalu.

Spesies salmon dan kura-kura termasuk di antara spesies yang menghadapi penurunan populasi seiring dengan pemanasan bumi.

Penyu hijau di Pasifik Selatan Tengah dan Pasifik Timur mempunyai risiko lebih besar akibat perubahan iklim, misalnya. Lebih sedikit penyu yang menetas karena laut yang lebih tinggi menggenangi sarangnya. Pemanasan air dapat merusak pasokan makanan lamun.

Sedangkan Salmon Atlantik belum terancam punah, namun populasinya menurun hampir seperempat dari tahun 2006 hingga 2020, menurut IUCN. Sekarang dianggap hampir terancam.

Ikan ini hidup di tempat yang lebih sedikit dan menghadapi bahaya yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti bendungan dan polusi air. Perubahan iklim mempersulit mereka mendapatkan makanan dan memudahkan spesies asing bersaing, menurut kelompok tersebut.

Laporan itu juga menyebutkan, lebih dari 3.000 spesies ikan air tawar kini menghadapi risiko kepunahan, akibat perubahan iklim yang menaikkan permukaan air laut, membuat air asin mengalir lebih jauh ke sungai.

Berikutnya, ada katak, salamander dan amfibi dalam daftar tersebut, di mana sekitar 41 persen spesies mereka berada di bawah ancaman.

"Mereka tertahan oleh iklim karena suhu yang lebih tinggi, kekeringan, amfibi tidak dapat menghindari bahaya dan terkena dampak langsung dari perubahan iklim," jelas Wakil Ketua Komisi Kelangsungan Hidup Spesies IUCN Vivek Menon.

Meski demikian, laporan itu juga membawa kabar baik. Dua spesies antelop berhasil 'kembali' dari ambang kepunahan.

Misalnya, kijang bertanduk pedang, hewan berwarna terang dengan tanduk melengkung, sebelumnya dikategorikan punah di alam liar, namun kini 'membaik' menjadi terancam punah.

Upaya baru-baru ini untuk memperkenalkan kembali spesies tersebut di Chad telah membantu dan kini terdapat setidaknya 140 spesies dewasa dan dua kali lebih banyak anak sapi di cagar alam yang luas.

Direktur Jenderal IUCN Grethel Aguilar mengatakan, manusia perlu bertindak untuk melindungi keanekaragaman hayati. Jika konservasi dilakukan dengan benar, maka hal tersebut akan berhasil. Untuk memerangi ancaman perubahan iklim, ia mengatakan bahan bakar fosil harus dihilangkan secara bertahap.

"Alam ada di sini untuk membantu kita, jadi mari kita bantu kembali," ujarnya.