Deretan Museum dan Galeri Ini Bisa Anda Kunjungi Usai Pandemi COVID-19
Kolase museum dan galeri. (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pembukaan museum maupun galeri biasanya berlangsung meriah atau minimal mendapat sambutan hangat. Namun, pandemi COVID-19 berkepanjangan membuat momen berharga ini harus dilewatkan.

Sejumlah museum dan galeri di dunia sudah dibuka tanpa keriuhan di tengah pandemi. Sebagian lagi masih menunggu kepastian waktu pembukaan, seiring masih berlangsungnya pandemi.

Melansir Euronews, berikut sejumlah museum dan galeri di dunia yang sayang untuk Anda lewatkan, setelah pandemi COVID-19 berakhir. 

Bourse de Commerce, Paris

Bergabung dengan jajaran bangunan tua di seluruh dunia yang diberi kehidupan baru sebagai hotel, perumahan, atau ruang budaya adalah Paris ’Bourse de Commerce, bekas gedung bursa saham.

paris
Bourse de Commerce, Paris. (Wikimedia Commons Guilhem/Vellut)

Dikembalikan ke masa kejayaannya setelah puluhan tahun diabaikan, ruang pameran multifungsi baru di landmark bersejarah ini, bersarang di bawah kubah abad ke-19 yang spektakuler seperti boneka Rusia, akan menjadi rumah bagi sekitar 5.000 karya seni moderen di Koleksi Pinault. Tanggal pembukaan galeri tahun ini masih harus dikonfirmasi dan akan sangat bergantung pada kapan pembatasan lokal di Prancis dicabut.

Grand Egyptian Museum, Giza

Di bawah pengawasan Sphinx dan piramida di dekatnya, pekerjaan konstruksi Grand Egyptian Museum di Giza, Mesir hampir selesai. Ini menjanjikan untuk menjadi museum paling signifikan yang didedikasikan untuk artefak arkeologi, melampaui Museum Acropolis Athena yang dibuka lebih dari satu dekade lalu.

mesir
Grand Egyptian Museum. (Wikimedia Commons/Djehouty)

Pembukaan museum yang semula direncanakan Bulan April 2020, diundur hingga tanggal yang belum ditentukan pada tahun 2021, karena pandemi setelah beberapa penundaan pekerjaan bangunan, yang berarti pengunjung negeri Fir'aun harus menunggu beberapa saat lebih lama untuk melihat koleksi lengkap harta karun makam Tutankhamen.

Humboldt Forum, Berlin

Ada beberapa kota di dunia yang sejarahnya ditulis sebesar di Berlin. Bangunan bersejarah ini kini berdampingan dengan bangunan neoklasik dan modernis. Tidak mengherankan jika ruang budaya terbaru Berlin tidak hanya menjembatani sejarah tetapi juga fungsi.

humboldt forum
Humboldt Forum. (Wikimedia Commons/ridolin freudenfett)

Dibentuk oleh bagian-bagian yang direnovasi atau direkonstruksi dari istana barok yang hancur dalam Perang Dunia Kedua dan fasad modern, Humboldt Forum yang baru memandang dirinya sebagai jawaban Jerman atas Louvre. Menyatukan koleksi dari institusi lain ke dalam satu ruang, Forum ini memecahkan cetakan museum tradisional. Dibuka dalam upacara sederhana secara online pada bulan Desember, gedung senilai 670 juta euro ini belum menerima pengunjung secara langsung.

National Museum of African American Music, Nashville

Nashville, Amerika Serikat terkenal sebagai pusat musik country. Namun area pusat kota yang ramai di kota, rumah bagi Grand Ole Opry dan Auditorium Ryman, sekarang juga menjadi situs salah satu museum musik paling penting. Satu-satunya yang sepenuhnya didedikasikan untuk merayakan genre musik yang diciptakan dan dipengaruhi oleh orang Afrika-Amerika.

nmaa
National Museum of African American Music.(Sumber: nmaam.org)

Sejak dibuka musim gugur lalu, ruang pameran NMAAM yang dikurasi dengan penuh kasih membenamkan pengunjung dalam kisah jazz, blues, hip hop, dan lebih dari 50 genre musik yang kurang dikenal yang dipelopori oleh komunitas Afrika Amerika.

Albertina Modern, Vienna

Dalam hal seni, hanya sedikit kota yang menganggapnya seserius Wina, Austria. Beberapa karya seni terpenting dunia disimpan di lebih dari 100 museum, dari mahakarya Gustav Klimt dan Egon Schiele hingga karya para bintang kontemporer yang sedang naik daun. Sekarang ada nama lain untuk ditambahkan ke daftar panjang ikon budaya di kota ini: Albertina Modern.

albertina modern
Albertina Modern. (Wikimedia Commons/Bwag)

Sebagai 'saudara' dari Albertina yang ikon kota, galeri, yang dibuka pada Mei 2020 saat puncak pandemi ini, mengklaim mahkota sebagai rumah bagi salah satu koleksi seni modern dan kontemporer terbesar di dunia di dunia. Sekitar 60.000 karya seni oleh 5.000 seniman, termasuk Andy Warhol yang legendaris, menghiasi ruang pamerannya.