Bagikan:

YOGYAKARTA - Bagi Anda yang berstatus sebagai warga Jakarta, tentu bisa menyaksikan pemandangan yang berbeda di kota metropolitan ini. Sebab, saat ini ada beberapa spot bunga tabebuya di Jakarta. Tanaman tabebuya yang memiliki nama latin Tabebuia rosea adalah tanaman tropis-subtropis yang berasal dari Brasil.

Beberapa orang kerap menyangka tanaman ini serupa dengan sakura. Padahal, dua jenis bunga tersebut berasal dari spesies yang berbeda.

Dilansir dari VOI, di bawah ini adalah tempat-tempat di Jakarta yang dapat dikunjungi jika Anda ingin menyaksikan pohon tabebuya yang bunganya sedang bermekaran.

Spot Bunga Tabebuya di Jakarta

Kota Tua Jakarta

Sering diidentikkan sebagai destinasi yang menyimpan sejarah Jakarta, kawasan Kota Tua Jakarta mempunyai empat pohon tabebuya yang bunganya sedang mekar.

Keempat pohon tersebut diketahui ditanam oleh Pemerintah Provinsi Jakarta dengan tujuan untuk membuat teduh kawasan wisata Kota Tua sehingga para pengunjung akan merasa lebih nyaman.

Bunga-bunga tanaman tabebuya yang mekar di kawasan ini mempunyai beragam warna, mulai dari putih hingga merah muda.

Salah seorang wisatawan asal Australia Bradley Armstrong menjelaskan, mekarnya bunga dari tanaman ini semakin menambah kesan indah pada bangunan-bangunan peninggalan kolonial Belanda di Kota Tua.

"Ini tempat yang bersejarah dan pohon-pohon yang sedang berbunga itu amat sangat indah. Dan apalagi [ditambah] dengan pemandangan langit yang biru," jelasnya.

Keempat tanaman tabebuya ditanam di samping kiri dan kanan Museum Wayang.

Spot bunga tabebuya di Jakarta. (Foto: Pixabay)

Jalan Cikini

Anda juga dapat menjumpai bunga tabebuya di Jalan Cikini, Jakarta Pusat. Sepanjang jalan tersebut saat ini dipenuhi dengan tanaman tabebuya yang bunganya sedang bermekaran, berwarna putih dan merah muda.

Anda tidak hanya dapat menikmati keindahan bunga tabebuya, tetapi juga dapat nongkrong lebih lama di area Taman Ismail Marzuki yang juga mempunyai perpustakaan di dalamnya. Selain itu, ada juga galeri-galeri yang sering menggelar acara pameran seni.

Area ini bisa Anda jadikan spot untuk bersantai di sore hari. Terlebih bagi Anda yang ingin istirahat sejenak dari aktivitas harian sambil menikmati indahnya bunga bermekaran di pohon tabebuya.

Jalan Sudirman

Spot lain yang menyajikan keindahan bunga tabebuya yaitu Jalan Sudirman. Deretan pohon tabebuya yang tumbuh di lokasi ini juga sedang bermekaran.

Salah satu spot yang bisa dipilih untuk melihat keindahan mekarnya tabebuya yaitu kawasan Stasiun BNI City. Selain estetik, Anda juga bisa bersantai di bawah pohonnya.

Jalan Kramat Raya, Salemba

Selain di Cikini dan Sudirman, Jalan Kramat Raya yang ada di Salemba juga mendapatkan keindahan momen bunga tabebuya yang bermekaran.

Bunga tabebuya yang mekar di Jalan Kramat Raya didominasi oleh warna putih dan merah muda.

Anda dapat memandang bunga ini sepuas-puasnya dari jembatan penyeberangan. Lanskap pemandangan jalan raya dengan kombinasi mekarnya tabebuya pasti menjadi hiburan yang mengobati kepenatan Anda.

Jembatan penyeberangan persis berlokasi di depan Kantor Camat Senen. Di dekat tangganya, terdapat pohon tabebuya yang tengah bermekaran.

Jalan Kemang Selatan

Spot terakhir yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati indahnya tabebuya bermekaran bisa ditemukan di Jalan Kemang Selatan, Jakarta Selatan.

Jaksel menjadi daerah yang terkenal dengan kawasan elitnya, yang penuh dengan gedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi. Lanskap ini semakin indah dengan bermekarnya bunga tabebuya yang menghiasi jalanan.

Hal yang menjadi pembeda antara spot ini dengan spot lainnya yaitu terdapat bunga tabebuya berwarna kuning yang mekar di lokasi ini.

Demikianlah ulasan spot bunga tabebuya di Jakarta yang dapat Anda kunjungi untuk melepas penat. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.