Pentagon Perpanjangan Penugasan Garda Nasional untuk Pengamanan Capitol Hill Dua Bulan ke Depan
Garda Nasional di Capitol Hill, Washington D.C. (Twitter/ChiefNGB)

Bagikan:

JAKARTA - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) Pentagon, menyetujui permintaan untuk mempertahankan 2.300 pasukan Garda Nasional di Washington D.C, Amerika Serikat guna melindungi Capitol Hill hingga dua bulan ke depan. 

Persetujuan yang dikeluarkan pada Hari Selasa waktu setempat ini, jumlahnya separuh dari pasukan Garda Nasional yang saat ini sudah berjaga di Capitol Hill, di mana ada sekitar 5.200 pasukan.  

"Keputusan ini dibuat setelah meninjau permintaan secara menyeluruh dan setelah mempertimbangkan dengan cermat potensi dampaknya pada kesiapan," kata Pentagon dalam pernyataan resmi, melansir Reuters.

Disebutkan pula, selama dua bulan ke depan Pentagon akan bekerja dengan Kepolisian Capitol, untuk mengurangi jumlah pasukan jika kondisi memungkinkan. 

"Kami berterima kasih atas dukungan Pentagon. Garda Nasional telah memainkan perang penting untuk meningkatkan postur keamanan," sebut Kepolisian Capitol dalam pernyataannya setelah persetujuan. 

Sejak serangan 6 Januari di Capitol Hill oleh pendukung Presiden Donald Trump saat itu, pasukan Garda Nasional telah dikirim untuk mendukung pengalaman. Sebuah laporan yang diluncurkan pada Hari Senin merekomendasikan penggunaan 'pagar bergerak' untuk melindungi Capitol dan mendesak pembentukan pasukan tanggap reaksi cepat di Washington, lantaran Kepolisian Capitol kurang siap untuk serangan terhadap gedung tersebut.

Sebelumnya, pada awal Maret Kepolisian Capitol telah meminta perpanjangan penempatan pasukan Garda Nasional di Washington DC, khususnya di area Capitol Hill. Total ada 4.900 pasukan yang diajukan perpanjangannya hingga 12 Maret, seperti melansir CNN.

Permintaan ini muncul seiring dengan peringatan Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) dan FBI, terkait ancaman yang ditimbulkan oleh ekstremis domestik, termasuk kekhawatiran tentang potensi kekerasan sekitar 4 Maret dan seterusnya.

"Jumlah itu didasarkan pada misi berbeda yang mereka inginkan, anggota Garda Nasional akan mendukung, pasukan tanggap, perimeter, keamanan, set misi semacam itu. Kami sedang bekerja dengan mereka. Seperti yang Anda ketahui, permintaan saat ini berakhir pada Maret 12. Kami mencoba untuk menentukan bersama mereka tingkat keamanan yang mereka butuhkan dari Garda Nasional mengingat keadaan telah berubah, "kata pejabat Pentagon Robert Salesses pada saat itu.

"Kami bekerja sangat erat dengan FBI, Secret Service, dan lainnya serta Kepolisian Capitol untuk mencoba menentukan apa yang mereka yakini sebagai ancaman, dan kemudian melihat apa yang mereka yakini sebagai kebutuhan Garda Nasional, atau jenis kumpulan misi. Bahwa mereka membutuhkan dukungan, kami bekerja sangat dekat dengan mereka untuk mencoba menentukan apa itu. Jelas 4900 adalah jumlah yang sangat besar di Capitol Hill," tambahnya.