Gubernur Jatim Anggap Gus Ipul yang Dilantik Jadi Wali Kota Pasuruan Top Mentor
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 12 kepala daerah di Jatim termasuk Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul. (DOK. Pemprov Jatim)

Bagikan:

SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik 12 kepala daerah di Jatim. Salah satunya mantan rivalnya pada Pilgub 2019, yakni Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Prosesi pelantikan 17 kepala daerah ini dibagi tiga sesi, di mana sesi pertama dimulai jam 09.00 WIB yang diikuti oleh enam kepala daerah. 

Di sesi ini kepala daerah yang dilantik yakni Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek. Lalu Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, Bupati dan Wakil Bupati Dwi Rianto Jatmiko, Bupati dan Wakil Bupati Sugirah, dan Bupati dan Wakil Bupati.

Sementara sesi kedua dimulai pukul 13.20 WIB, diikuti enam kepala daerah termasuk Gus Ipul yang merupakan mantan wagub Jatim dua periode. Gus Ipul dilantik bersama Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo. 

Setelah itu, Khofifah juga melantik pasangan Wali Kota-Wakil Wali Kota Blitar, Bupati-Wakil Bupati Jember, Bupati-Wakil Bupati Malang, Bupati-Wakil Bupati Blitar, dan Bupati-Wakil Bupati Mojokerto.

Dalam sambutannya, Khofifah berharap sinergitas antarpemerintah kabupaten/kota, termasuk dengan Pemprov Jatim sehingga tercipta kolaborasi demi kemajuan daerah. Khofifah juga berpesan agar kepala daerah yang baru dilantik, menggalakkan gerakan bangga buatan Indonesia, bangga wisata Indonesia, dan pemulihan ekonomi melalui UMKM.

Khofifah sempat menyebut nama Gus Ipul karena dinilai lebih detail memahami pemberdayaan UMKM. 

"Di sini ada Gus Ipul yang lebih tahu. Buktinya tanda pin di seragam-nya lebih banyak dari saya. Ini membuktikan perjuangan beliau sudah panjang," kata Khofifah disambut tepuk tangan undangan.

Khofifah juga sempat memuji Gus Ipul, sebagai sosok mentor yang patut ditiru. "Bupati/Wali Kota kalau mau cari mentor, tidak perlu susah-susah, sebab salah satu yang dilantik adalah top mentor," kata Khofifah.