Jadi Wali Kota, Gibran dan Bobby Nasution Tetap Dikawal Paspampres
Bobby Nasution bersama Kahiyang Ayu (Malo M)

Bagikan:

JAKARTA - Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dan menantu Jokowi, Bobby Nasution resmi menjadi wali kota. Keduanya tetap mendapat pengawalan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

“Sesuai tugas pokok Paspampres, melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, dan keluarganya, tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden, wapres. Jadi anak  presiden dapat pengawalan dari Paspampres, bukan karena (status) wali kotanya,” kata Komandan Paspampres (Danpaspampres) Mayjen TNI Agus Subiyanto dikonfirmasi wartawan, Jumat, 26 Februari. 

Pengamanan ini juga berlaku bagi Bobby Nasution, suami dari putri Jokowi, Kahiyang Ayu. “Suami istri dapat,” katanya.

Aturan pengamanan ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013 Tentang Pengamanan Presiden dan Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Mantan Wakil Presiden Beserta Keluarganya Serta Tamu Negara Setingkat Kepala Negara/Kepala Pemerintahan.

Usai dilantik, Gibran Wali Kota Solo dan Bobby Nasution, Wali Kota Medan sama-sama menyampaikan rencana awal setelah resmi menjabat

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut pengawasan program vaksinasi COVID-19 menjadi tugas pertamanya. Menantu Presiden Jokowi ini ingin vaksinasi COVID-19 berjalan sukses. 

"Ya pastinya di masa pandemi COVID-19 ini, tentu yang pertama kali akan kami tinjau adalah program vaksinisasi harus berjalan dengan baik khususnya di Kota Medan," ujar Bobby Nasution, Jumat, 26 Februari. 

Untuk program ini, Bobby menargetkan 70 persen masyarakat Medan akan disuntik vaksin COVID-19. Karena itu, Bobby Nasution akan menggencarkan sosialisasi ke warga Medan. 

"Kita akan menggelar vaksinasi bagaimana mensosialisasikan, bagaimana cara masyarakat bisa mendapatkan vaksin. Cara mendaftarnya gimana, mungkin hari ini masyarakat belum tahu bagaimana cara daftar mandiri, melalui website kah, atau rumah sakit kah. Nah ini yang harus kita sosialisasikan," sambungnya.

Dengan mempercepat vaksinasi COVID-19, Bobby Nasution meyakini semua sektor akan bisa berjalan normal kembali. "Setelah tercapai, perekonomian, UMKM harus berjalan beriringan," ujarnya. 

Sementara itu, Gibran usai acara pelantikan menyatakan tidak menunggu lama akan langsung melakukan kunjungan kerja persiapan kegiatan vaksinasi di Pasar Gede Solo dan Pasar Klewer.

Gibran akan mengunjungai Pasar Gedhe untuk mengecek persiapan vaksinasi untuk pedagang, dan dilanjutkan dengan salat Jumat di DPC PDIP Surakarta.

Gibran menjelaskan dirinya dan Teguh akan langsung melakukan blusukan untuk  langsung. Bahkan, Gibran sudah menjadwalkan kunjungan kerja ke beberapa titik.

"Kami hari Sabtu dan Minggu tidak libur untuk mengebut kegiatan vaksinasi untuk percepatan pemulihan ekonomi di Solo," ujar Gibran.