Anak Jokowi Gibran dan Menantunya Bobby Menang Pilkada Versi <i>Quick Count</i>, PDIP: Kawal Sampai Final
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Anak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka berhasil mengantongi kemenangan di Pemilihan Wali Kota Solo versi hitung cepat atau quick count. Kemenangan yang sama juga berhasil oleh menantu Jokowi, yaitu Bobby Nasution di Kota Medan.

Menanggapi keberhasilan tersebut, PDI Perjuangan kemudian mengucapkan rasa syukurnya meski tetap meminta agar kadernya tidak lengah dan tetap mengawal perhitungan suara di lapangan.

"Kami menyerukan kepada seluruh kader partai, khususnya para saksi (BSPN PDI Perjuangan) yang ada di lapangan untuk terus mengawal proses rekapitulasi dan penghitungan suara," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Rabu, 9 Desember.

Para kader, sambung dia, harus tetap mengawal proses pemenanganan para calon hingga ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah. 

"Kegembiraan atas cahaya kemenangan jangan sampai menjadi euforia yang membuat kita lengah. Kita harus terus mengawal prosesnya hingga akhirnya resmi diumumkan oleh KPUD setempat," tegasnya.

Diketahui, selain Gibran dan Bobby, partai berlambang banteng ini juga mengantongi kemenangan di Surabaya melalaui pasangan Eri-Armuji; di Banyuwangi lewat pasangan Ipuk Fiestiandani-Sugirah; Kota Blitar dengan Santoso-Tjutjuk Sunaryo, dan Kota Semarang Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Diberitakan sebelumnya, hitung cepat atau quick count sementara Charta Politika menunjukkan keunggulan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa. Sedangkan pasangan calon independen penantang Gibran, Bagyo Wahyono-FX Supardjo jauh tertinggal.

Dari data quick count sementara Charta Politika yang dilihat VOI, disebutkan data masuk 96 persen per pukul 15.55 WIB, Rabu, 9 Desember.

Berikut hasil quick count sementara Charta Politika sesuai nomor urut paslon Pilkada Solo:

1. Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa 87,15 persen

2. Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) 12,85 persen

Sementara di Kota Medan, hasil hitung cepat sementara lembaga survei Median menunjukkan keunggulan sementara pasangan calon nomor urut 2 wali kota-wakil wali kota Medan Bobby Nasution-Aulia Rachman. 

Sedangkan pasangan calon nomor urut 1, Akhyar Nasution dan Salman Alfarisi masih tertinggal. 

Dari data quick count sementara Median yang dipaparkan di Hotel Swiss Bell Inn, Medan, disebutkan data masuk menunjukkan 61,33 persen per pukul 15.32 WIB, Rabu, 9 Desember. 

Berikut hasil quick count sementara Median esuai nomor urut paslon Pilkada Medan:

1. Akhyar Nasution-Salman Alfarisi 45,20 persen

2. Bobby Nasution-Aulia Rachman 54,80 persen