Eks Wagub Jatim Gus Ipul Maju Jadi Calon Wali Kota Pasuruan
Saifullah Yusuf atau dikenal Gus Ipul (Instagram gusipul_id)

Bagikan:

JAKARTA - Eks Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Saifullah Yusuf atau dikenal Gus Ipul maju menjadi calon wali kota Pasuruan, Jatim. Gus Ipul akan berpasangan dengan kader Golkar, Adi Wibowo. 

“Gus Ipul berpasangan dengan Adi Wibowo,” ujar Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPW PKB Jatim, Fauzan Fuadi dikonfirmasi VOI, Sabtu, 29 Agustus.

Ada sejumlah pertimbangan mengusung Gus Ipul di Pilkada Pasuruan. Pertama, PKB menangkap aspirasi warga di Kota Pasuruan. Warga menginginkan agar Gus Ipul yang juga pernah menjadi menteri di era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk maju menjadi calon wali kota.

“Alasan kedua, Kota Pasuruan kota pesantren. Selama ini belum ada kebijakan wali kota yang berpihak pada pesantren,” sambung Fauzan. 

Selain itu, Gus Ipul dinilai berpengalaman di pemerintahan. Apalagi Gus Ipul disebut Fauzan sebagai santri tulen.

Dengan 8 kursi di DPRD Kota Pasuruan, PKB ditegaskan Fauzan bisa mengusung calonnya. Sedangkan syarat mengusung calon di Pilkada Pasuruan minimal 6 kursi dewan.

“PKB bisa berangkat sendiri,” katanya. 

Gus Ipul pernah menjadi wakil gubernur Jatim dua periode. Di masa kariernya, Gus Ipul pernah duduk sebagai anggota DPR dan menjadi menteri negara percepatan pembangunan daerah tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu.