Lusa, Khofifah Lantik Eks Wagub Jatim Gus Ipul Jadi Wali Kota Pasuruan
Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul

Bagikan:

SURABAYA - Mantan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul akan dilantik sebagai wali kota Pasuruan, pada Jumat, 26 Februari 2021. Gus Ipul akan dilantik bersama 16 kepala daerah terpilih pada Pilkada 2020 di Jatim lainnya.

"Sebenarnya ada 19 kepala daerah, tapi dua daerah yakni Tuban dan Pacitan masa berakhirnya jabatan kepala daerah setempat masih lama. Jadi yang akan dilantik hanya 17 kepala daerah terpilih," kata Kepala Biro Administrasi Pemerintah dan Otonomi Daerah Pemprov Jatim, Jempin Marbun, dikonfirmasi, Rabu, 24 Februari.

Jempin mengatakan, masa jabatan bupati Tuban akan berakhir pada 20 Juni 2021. Sementara bupati Pacitan akan purna tugas pada 4 April 2021. 

Sehingga kepala terpilih akan dilantik setelah bupati setempat purna tugas," jelasnya.

BACA JUGA:


Menurut Jempin, 17 kepala daerah tersebut akan dilantik oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya. Teknis pelaksanaannya harus menjaga protokol kesehatan secara hybrid, di mana setiap pelantikan hanya dihadiri maksimal 25 orang.

"Artinya, yang boleh datang ke Grahadi nantinya hanya kepala daerah dan Wakil kepala daerah yang dilantik beserta istri. Sedangkan undangan lainnya tetap mengikuti secara virtual di kabupaten dan kota masing-masing," kata Jempin.

Jempin mengatakan pelantikan nanti dilakukan tiga sesi. Sesi pertama dimulai jam 09.00 WIB sampai selesai dengan diikuti enam kepala daerah. 

Sesi kedua dimulai jam 13.00 WIB diikuti enam daerah dan sesi tiga dimulai jam 16.00 WIB diikuti lima kepala daerah terpilih.