Pemprov DKI Bakal Bangun Prasasti, Biar Warga Ingat Bersepeda di Masa Pandemi
Ilustrasi-Jalur Sepeda (Foto: Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut pihaknya akan membangun prasasti bertema penggunaan sepeda di dekat jalur sepeda.

Prasasti ini akan dipasang di sekitar lokasi jalur sepeda permanen Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin.

"Akan ada prasasti atau art work berlokasi di depan Gedung Indofood Tower," kata Syafrin saat dihubungi, Rabu, 24 Februari.

Menurut Syafrin, pembangunan prasasti ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat, bersepeda memiliki manfaat di masa pandemi. Kemudian, pengguna sepeda juga mengalami peningkatan.

"Tujuan pembuatan prasasti sebagai pengingat momentum penggunaan sepeda sebagai alat transportasi yang masif digunakan oleh masyarakat pada masa pandemi COVID-19," jelas Syafrin.

Saat ini Pemprov DKI tengah membangun jalur sepeda permanen di kawasan Sudirman-Thamrin. Jalur yang akan selesai pada akhir bulan Maret mendatang ini dibatasi dengan beton pada sisi kiri dengan jalur kendaraan bermotor umum. 

Jalur sepeda permanen dibuat sepanjang 11,2 kilometer. Lebarnya 2 meter. Lalu, pembatasnya menggunakan beton berbentuk pot yang akan diisi tanaman.

“Untuk proteksi jalur sepeda, kami menggunakan pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait,” ujar Syafrin.

Jalur sepeda permanen di jalan protokol ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda. Di antaranya adalah way finding, pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar.

Pembuatan jalur sepeda ini menghabiskan biaya sekitar Rp30 miliar. Anggarannya bukan dari APBD, melainkan kompensasi pihak ketiga.