Sampai 2030, Pemprov DKI Targetkan Buat Jalur Sepeda Sepanjang 578,8 Kilometer
Ilustrasi orang bersepeda (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut Pemprov DKI memiliki target membuat jalur sepeda dengan total sepanjang 578,8 kilometer sampai sembilan tahun mendatang.

"Ada rencana pengembangan jalur sepeda tahun 2019 sampai dengan 2030 sepanjang 578,8 kilometer," kata Syafrin kepada wartawan, Rabu, 24 Februari.

Selama menjabat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merealisasikan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer pada tahun 2019. Jalur yang dibuat diutamakan pada jalan yang kena kebijakan ganjil genap saat ini. Lebar jalur dibuat sebesar 1,25 meter.

Rencana awalnya, DKI melanjutkan pembangunan jalur sepeda sepanjang 200 kilometer pada tahun 2020. Sayangnya, pandemi COVID-19 melanda. Anggaran pembuatan jalur sepeda dialihkan untuk penanganan pandemi. Pada tahun ini, DKI merencanakan pembuatan jalur sepeda permanen.

"Saat ini sedang dilakukan pembangunan jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin sepanjang 11,2 kilometer yang ditargetkan selesai pada akhir bulan Maret 2021," ujar Syafrin.

Jalur sepeda permanen di jalan protokol ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda. Di antaranya adalah way finding, pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar.

Dalam pembangunan jalur sepeda permanen ini, Pemprov DKI juga akan membangun prasasti berisi ornamen yang menjadi ikon Jakarta dan sepeda. Prasasti ini terletak di trotoar atau jalur pejalan kaki. 

"Jalur sepeda permanen juga akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal, antara lain 9 halte bus Transjakarta, 6 stasiun MRT Jakarta, 1 stasiun kereta Commuter Line, 1 stasiun kereta bandara, dan 1 stasiun LRT Jabodebek," ucap Syafrin.

Ia melanjutkan, pembangunan jalur sepeda permanen diharapkan menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit

“Kami mohon partisipasi dan dukungan seluruh stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta beserta masyarakat di Jakarta agar turut mengampanyekan program Jakarta Ramah Bersepeda dengan menyukseskan pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman sampai MH Thamrin,” imbuh dia.