Anies Baswedan Garap Proyek Prestisius, Rencana Buat 500 Kilometer Jalur Sepeda Hingga 2030
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut semestinya Jakarta memiliki jalur sepeda sepanjang 500 kilometer. Hal ini ia katakan dalam rangka peringatan Hari Sepeda Sedunia.

"Idealnya di Jakarta nanti ada 500 kilometer jalur sepeda. Itu ideal yang ingin kita capai ke arah sana," kata Anies di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat, 4 Juni.

Oleh karenanya, Pemprov DKI memiliki rencana pengembangan pembuatan jalur sepeda hingga 500 kilometer hingga tahun 2030, tersebar di berbagai ruas jalan.

Anies mengaku akan melanjutkan pengerjaan jalur sepeda sepanjang 101 kilometer sampai akhir tahun 2021. Ia bilang, jalur sepeda dibuat agar warga bisa bersepeda dengan aman.

Adapun jalur sepeda total saat ini adalah 63 kilometer. Harapan Anies, Ibu Kota memiliki jalur sepeda dengan total panjang 170 kilometer sampai akhir tahun ini.

"Saat ini kita membangun infrastrukturnya. Kita menginginkan masyarakat untuk bersepeda, maka tanggung jawab di pemerintah menyiapkan infrastruktur," ungkap Anies.

Selain itu, Anies meminta pengelola gedung di DKI memiliki kewajiban menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia khusus untuk sepeda.

"Kami juga menganjurkan untuk disiapkan tempat berbilas. Sehingga, memudahkan para pekerja yang memilih untuk bekerja berangkat menggunakan sepeda itu, ada kenyamanan karena mereka tiba ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ungkapnya.