Anak Buah Anies Baswedan Harap Anggaran Proyek Jalur Sepeda Tak Kena <i>Refocusing</i>
Jalur sepeda permanen Sudirman (Sumber: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta berharap anggaran penyediaan jalur sepeda tak terdampak refocusing. Hal ini menyusul refocusing Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang akan dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami harapkan, kami tidak ada refocusing," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan yang dikutip Sabtu, 10 Juli.

Dia mengatakan, penyediaan jalur sepeda ini masuk dalam proyek strategis di pemerintahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Bahkan Syafrin menyebut, jalur sepeda tersebut ditargetkan akan diperpanjang hingga 170 kilometer pada tahun ini.

Meski begitu, dirinya menyadari target ini tak mudah untuk dicapai. Apalagi, saat ini jalur sepeda yang ada baru 63 kilometer dan semua pihak tengah fokus pada penanganan pandemi COVID-19 dengan melaksanakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Tentu saat ini target terus kami upayakan. Tapi harus kita pahami bersama, di tengah PPKM Darurat kami fokus pada penanganan COVID-19," ujar Syafrin.

Adapun perkembangan terbaru untuk mencapai target tersebut, saat ini Pemprov DKI telah membangun jalur sepeda permanen 11,2 kilometer. 

"Kemudian, ditambah pembangunan jalur sepeda di kawasan penataan stasiun, seperti di Stasiun Tebet, Stasiun Manggarai, juga di Stasiun Gondangdia, dan Stasiun Palmerah," ungkapnya.

"Jadi akan ada beberapa penutapan jalur sepeda yang akan terintegrasi dengan jaringan eksisting yang sudah ada di kawasan penataan stasiun, imbuh Syafrin.

Diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Ibu Kota memiliki jalur sepeda sepanjang 170 kilometer sampai akhir tahun ini. Saat ini jalur sepeda masih 63 kilometer. 

Bahkan, Anies juga menyebut semestinya Jakarta memiliki jalur sepeda sepanjang 500 kilometer. Hal ini dia katakan dalam rangka peringatan Hari Sepeda Sedunia.

"Idealnya di Jakarta nanti ada 500 kilometer jalur sepeda. Itu ideal yang ingin kita capai ke arah sana," kata Anies.