Anies Sebut Jalur Sepeda di Jakarta Telah Terbangun 97,77 Kilometer
DOKUMENTASI SEBELUM PANDEMI/GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pihaknya telah membangun jalur sepeda sejauh 97,77 kilometer selama menjabat. 

"Sebagai salah satu upaya mewujudkan Jakarta yang ramah bersepeda, Pemprov DKI Jakarta membangun 97,77 km jalur sepeda," kata Anies dikutip dari akun Instagram aniesbaswedan, Kamis, 21 Oktober.

Anies menuturkan, jalur sepeda saat ini dibangun pada ruas jalan yang terhubung transportasi umum, terdampak ganjil-genap. Nantinya, jalur sepeda juga akan dibangun di kawasan wisata dan lokasi lainnya.

"Sedang dibangun desain jalur sepeda di wilayah Taman Semanggi. Proses jalur sepeda permanen di Jalan Sudirman-Thamrin dalam tahap final," ungkap dia.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengaku tujuan pembangunan jalur sepeda secara masif ini adalah untuk mengubah paradigma kebijakan transportasi car oriented menjadi transit oriented.

Selain itu, Anies juga melibatkan komunitas seperti Bike to Work, Dewan Transportasi Kota Jakarta, Forum Diskusi Transportasi Jakarta, dan ITDP untuk konsultasi perencanaan, penyediaan fasilitas, hingga perlengkapan jalan yang dibutuhkan pesepeda dalam berlalu lintas.

"Berkolaborasi dengan swasta menyediakan fasilitas penyewaan sepeda atau bike shaeing dan instansi lainnya dalam menyediakan lokasi parkir khusus para pengendara sepeda," tutur Anies.

Lebih lanjut, Anies berambisi agar Pemprov DKI bisa membangun jalur sepeda sepanjang 500 kilometer hingga tahun 2030, serta menghubungkan Jakarta dengan kota di sekitarnya.