Mimpi-Mimpi Anies Baswedan Hingga Akhir Tahun: Tambah 101 Km Jalur Sepeda, Siapkan Lahan Parkir 10 Persen
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan melanjutkan pengerjaan jalur sepeda sepanjang 101 kilometer sampai akhir tahun 2021. Ia bilang, jalur sepeda dibuat agar warga bisa bersepeda dengan aman.

"Adapun jalur sepeda total saat ini adalah 63 kilometer. Lalu tambahan tahun ini ada 101 kilometer. Jadi, harapannya akhir tahun kita punya 170 km jalur sepeda," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat.

Selain itu, Anies meminta pengelola gedung di DKI memiliki kewajiban menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia khusus untuk sepeda.

"Kami juga menganjurkan untuk disiapkan tempat berbilas. Sehingga, memudahkan para pekerja yang memilih untuk bekerja berangkat menggunakan sepeda itu, ada kenyamanan karena mereka tiba ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anies mengaku ingin mengajak warganya menjadikan kebiasaan bersepeda sebagai kegiatan transportasi, bukan hanya olahraga. Sebab, Pemprov DKI telah menyediakan berbagai fasilitas untuk pesepeda.

"Kami dari sisi pemerintah menyiapkan infrastrukturnya, jalur sepedanya, bahkan sekarang ada jalur sepeda permanen. Insyaallah, dengan begitu kita semua menjadi lebih sehat dan otomatis kotanya pun akan lebih sehat," tutur dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut Pemprov DKI memiliki target membuat jalur sepeda dengan total sepanjang 578,8 kilometer sampai sembilan tahun mendatang.

"Ada rencana pengembangan jalur sepeda tahun 2019 sampai dengan 2030 sepanjang 578,8 kilometer," kata Syafrin, beberapa waktu lalu.

Selama menjabat, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merealisasikan jalur sepeda sepanjang 63 kilometer pada tahun 2019. Jalur yang dibuat diutamakan pada jalan yang kena kebijakan ganjil genap saat ini. Lebar jalur dibuat sebesar 1,25 meter.

Rencana awalnya, DKI melanjutkan pembangunan jalur sepeda sepanjang 200 kilometer pada tahun 2020. Sayangnya, pandemi COVID-19 melanda. Anggaran pembuatan jalur sepeda dialihkan untuk penanganan pandemi. Pada tahun ini, DKI merencanakan pembuatan jalur sepeda permanen.