Anies Baswedan Bersepeda dengan Anggota BPK, Peringati Hari Sepeda Sedunia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berangkat ke Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, pagi ini, Kamis, 3 Juni menggunakan sepeda dari kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Mengenakan pakaian kemeja batik, celana bahan hitam, dan sepatu pantofel, Anies bersepeda pagi ini dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia (World Bike Day) yang jatuh pada hari ini.

Ketika sampai di Bundaran Senayan, Anies bergabung dengan anggota komunitas Bike to Work yang juga berangkat ke kantornya menggunakan sepeda. Mereka beriringan melaju di dalam jalur sepeda permanen sepanjang Sudirman-Thamrin. 

Hingga akhirnya, Anies tiba di Balai Kota DKI. Anies bercerita, ia bersepeda bersama sejumlah anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Duta Besar Belanda, Duta Besar Denmark, dan komunitas Bike to Work.

"Alhamdulillah, kita sudah sampai di Balai Kota. Pagi tadi, kami-kami semua berangkat ke tempat kerja dengan menggunakan sepeda. 3 Juni adalah hari bersepeda dunia, yang pagi ini kita peringati dengan berangkat dari rumah menggunakan sepeda," kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Juni.

Dengan bersepeda dari rumah ke kantor mengenakan pakaian kerja, Anies ingin mendorong kebiasaan bersepeda sebagai alat transportasi. Sebab, menurut dia, bersepeda tak hanya untuk berolahraga.

"Kita biasanya melihat sepeda sebagai alat olahraga. Itu baik-baik saja, bisa diteruskan, tapi perlu ditambahkan. Karenanya, bersepeda enggak perlu harus sepeda khusus, enggak harus pake sepatu khusus, enggak harus baju khusus. Pakai baju keseharian kita, pakai sepeda yang biasa kita gunakan. Lalu, gunakan sepeda itu untuk tranportasi," jelas Anies.

Dari contoh yang ia tunjukkan, Anies mengaku ingin warganya menjadikan kebiasaan bersepeda sebagai kegiatan transportasi, bukan hanya olahraga. Sebab, Pemprov DKI telah menyediakan berbagai fasilitas untuk pesepeda.

"Kami dari sisi pemerintah menyiapkan infrastrukturnya, jalur sepedanya, bahkan sekarang ada jalur sepeda permanen. Insyaallah, dengan begitu kita semua menjadi lebih sehat dan otomatis kotanya pun akan lebih sehat," pungkasnya.