Lebih Rentan Kecelakaan, Anies Baswedan Minta Pengendara Bermotor Hormati Pesepeda
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram/@aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta pengendara kendaraan bermotor menghormati keberadaan pengguna sepeda di jalan. Sebab, menurut Anies, pesepeda lebih berisiko besar terhadap kecelakaan.

"Saya harap, bila anda bermotor, melihat yang naik sepeda, pahami bahwa ini lebih berisiko naik sepeda. Hormati dia. Begitu juga kendaraan yang lebih besar lainnya," kata Anies di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat, 4 Juni.

Anies juga meminta para pengguna sepeda untuk tetap berada di jalur sepeda yang telah disediakan. Hal ini dilakukan demi keselamatan pesepeda itu sendiri. 

"Ini fase pembelajaran. Bila bersepeda, di situ ada jalur sepeda, gunakan jalur itu. Jangan sekedar melihat soal jalurnya saja tapi pikirkan soal keselamatan," ucapnya.

Beberapa waktu lalu, sebuah foto pengendara sepeda motor berpelat AA dan gerombolan pesepeda balap atau road bike tiba-tiba ramai dibincangkan di media sosial. 

Dalam foto tersebut, pengendara motor mengacungkan jari tengah pada gerombolan sepeda yang memenuhi ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Setelah ramai diperbincangkan, akun Instagram goshow.cc memberi klarifikasi. Dalam unggahan keterangan berbahasa Inggris, akun itu menyebut mereka tengah bersepeda bersama dalam rangka merayakan ulang tahun salah satu anggota komunitasnya.

Akun goshow.cc mengaku mereka berkendara di jalur kanan untuk melewati lalu lintas turun di Dukuh Atas. Hal ini disebabkan oleh bus yang menyeberang ke underpass Dukuh Atas. Setelah menyeberang, para pesepeda road bike itu ingin kembali ke lajur kiri, tiba-tiba ada pesepeda motor yang menyalip dan mengacungkan jari tengah.

Penjelasan mereka banyak dimentahkan warganet. Sejumlah pihak merasa gerombolan pesepeda tersebut tetap salah karena menggunakan jalur kanan. Akhirnya, akun goshow.cc melontarkan permintaan maaf.

"Atas keramaian beberapa hari lalu, kami dari komunitas #GoShowcc menghaturkan permohonan maaf kepada masyarakat. Kami berkomitmen ke depannya akan lebih baik dalam menggunakan jalan. Saling berbagi dan mengevaluasi dari kesalahan-kesalahan yang sudah lewat agar semua pengguna jalan bisa merasa aman dan nyaman," ungkapnya.