Anies Baswedan Geram Pengumuman Jalur <i>Road Bike</i>, Wagub DKI: Saya Hanya Menjawab Pertanyaan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya Riza Patria (Foto: Humas DKI Jakarta)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menggulirkan rencana bahwa Gubernur DKI Anies Baswedan ingin menyediakan jalur khusus pesepeda road bike di Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin.

Jalur pesepeda balap di Jalan Sudirman-Thamrin dibuka pada hari Senin-Jumat sejak pukul 05.00 WIB sampai pukul 06.30 WIB. Sementara, sepeda selain road bike tetap wajib melintas di jalur sepeda permanen.

Ketika informasi tersebut sudah tersebar, Anies meminta semua pejabat Pemprov DKI untuk tidak menyebarkan rencana tersebut karena belum dibahas secara final. Menjawab hal itu, Riza mengaku dirinya hanya menjawab pertanyaan awak media yang membutuhkan konfirmasi. 

"Terkait road bike, saya hanya menjawab apa yang teman-teman media tanyakan," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Juni malam.

Riza menyebut, rencana uji coba jalur khusus pesepeda road bike di Sudirman-Thamrin telah diumumkan oleh Dinas Perhubungan DKI dalam rapat bersama Polda Metro Jaya dan Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) pada tanggal 31 Mei lalu.

"Tanggal 31 Mei jam 10.00 itu sudah diumumkan sebelumnya oleh yang rapat, dalam hal ini katakanlah oleh Dishub. Teman-teman (media) hari itu menanyakan terkait hal itu. Ini sudah beredar dan diumumkan sebelum saya. Jadi, tidak ada yang salah di sini," jelas Riza.

Sebelumnya, Anies enggan menjelaskan terkait rencana penyediaan jalur khusus pesepeda balap (road bike) sepanjang Sudirman-Thamrin. Ia mewanti-wanti anak buahnya untuk tidak mengumumkan suatu kebijakan sebelum dibahas secara utuh.

"Saya selalu garis bawahi, jangan menjadi pengelola negara, pemerintah, mengumumkan sebelum membuat aturan. Kasihan petugas di lapangan," ungkap Anies.

"Jadi, kita siapkan dulu dokumennya, siapkan dulu aturannya, baru diumumkan. Kalau tidak, nanti kerepotan di lapangan," lanjut dia.