Anies Minta Setiap Kantor Beri Insentif Pegawai yang Naik Sepeda
ILUSTRASI/GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN BERSEPEDA (DOK INSTAGRAM PRIBADI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta setiap perusahaan di Ibu Kota untuk memberikan insentif bagi pegawainya yang pergi ke kantor mengendarai sepeda.

"Yang kami ingin dorong kami harap perusahaan setiap kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda," kata Anies di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Jumat, 4 Juni.

Menurut Anies, insentif yang dapat diberikan adalah subsidi premi asuransi untuk memudahkan berkegiatan di kantor, hingga insentif kredit sepeda.

"Jadi, kita berkepentingan sama-sama untuk membuat warga lebih sehat, kotanya lebih bersih, dan nantinya kita akan merasakan suasana kota urban yang secara umum kondisinya lebih sehat," ujar Anies.

Kepada pegawai yang merasa belum bisa menggunakan sepeda dalam perjalanannya pulang dan pergi ke kantor, Anies mengusulkan mereka menggunakan sepeda dalam kegiatan jarak pendek. Sepeda tersebut bisa diletakkan di lingkungan kantor.

"Siapkan sepeda untuk pergi makan siang, naik sepeda. Pergi meeting yang dekat, naik sepeda. Kegiatan-kegiatan jarak pendek, pakai sepeda. Jadi, kalau pun belum bisa naik sepeda ke kantor, paling tidak di kantor ada sepeda untuk datang di pertemuan-pertemuan. Dengan begitu, kita memanfaatkan sepeda dengan benar-benar sebagai alat transportasi," jelasnya.

Tak hanya itu, Anies juga meminta pengelola gedung di DKI memiliki kewajiban menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia khusus untuk sepeda.

"Kami juga menganjurkan untuk disiapkan tempat berbilas. Sehingga, memudahkan para pekerja yang memilih untuk bekerja berangkat menggunakan sepeda itu, ada kenyamanan karena mereka tiba ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ungkapnya.