Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mewajibkan pegawainya untuk bersepeda untuk berangkat dan pulang kantor setiap hari Jumat. Bagaimana kalau pegawai Dishub DKI tidak memiliki sepeda?

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir menyebut, jajarannya bisa menggunakan kendaraan umum sebagai mobilitas mereka.

"Yang enggak punya sepeda bisa naik kendaraan umum, boleh naik angkot. Kita juga lagi menggunakan kendaraan umum dan sepeda dalam rangka Hari Perhubungan," kata Chaidir kepada wartawan, Senin, 29 Agustus.

Kewajiban penggunaan kendaraan bebas emisi ini telah diterapkan sejak Jumat pekan lalu. Dalam pelaksanaannya, akan ada pengawasan kepada pegawai Dishub DKI serta pelaporan kehadiran mereka setiap datang dan pulang kantor.

"Pengawasannya yang pertama setiap awal Jumat kita cek berapa yang mengunakan kendaraan sepeda pagi hari dan pulang. Laporannya setiap hari berdassrkan absensi dan laporan dari mana ke mana," jelas Chaidir.

Sebagaimana diketahui, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menerbitkan Instruksi Nomor e-3001 Tahun 2022.

Dalam instruksi ini, seluruh pegawai Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, baik aparatur sipil negara (ASN) maupun penyedia jasa lainnya perorangan (PJLP) diwajibkan untuk menggunakan sepeda sebagai moda utama atau moda lanjutan ke tempat kerja setiap hari Jumat.

Selain itu, Syafrin juga meminta kepada anak buahnya untuk memamerkan bersepedanya ke tempat kerja setiap Jumat guna mengajak masyarakat turut serta menggunakan Sepeda dalam beraktivitas.

"Penggunaan sepeda dilakukan setiap hari jumat dan seluruh pegawai Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta DKI diinstruksikan juga agar mengunggah aktivitas bersepeda di media sosial masing-masing," tutur Syafrin.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut hal tersebut merupakan upaya Pemprov DKI untuk menyosialisasikan jalur sepeda yang selama ini telah dibangun.

"Itu kan upaya kami untuk memastikan agar jalur sepeda dapat kita gunakan, itu upaya bagian kami menyosialisasikan jalur sepeda yang kami buat," kata Riza kepada wartawan, Jumat, 26 Agustus.