Sederet Keistimewaan Pesepeda di Jakarta yang Diberikan Anies
Anies Baswedan naik sepeda/Instagram

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai gencar merayu masyarakat untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Tak cuma penyediaan jalur sepeda, fasilitas sepeda nonlipat boleh masuk stasiun dan kereta MRT, Anies mengambil langkah lain.

Dalam peringatan Hari Sepeda Dunia dan Kick Off PNJK 2021, Anies meminta setiap perusahaan di Ibu Kota memberikan insentif bagi pegawainya yang pergi ke kantor mengendarai sepeda.

"Yang kami ingin dorong kami harap perusahaan setiap kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda," kata Anies pada Jumat, 4 Juni.

Menurut Anies, insentif yang dapat diberikan adalah subsidi premi asuransi untuk memudahkan berkegiatan di kantor, hingga insentif kredit sepeda.

"Jadi, kita berkepentingan sama-sama untuk membuat warga lebih sehat, kotanya lebih bersih, dan nantinya kita akan merasakan suasana kota urban yang secara umum kondisinya lebih sehat," ujar Anies.

Kepada pegawai yang merasa belum bisa menggunakan sepeda dalam perjalanan pulang dan pergi ke kantor, Anies mengusulkan mereka menggunakan sepeda dalam kegiatan jarak pendek. Sepeda tersebut bisa diletakkan di lingkungan kantor.

"Siapkan sepeda untuk pergi makan siang, naik sepeda. Pergi meeting yang dekat, naik sepeda. Kegiatan-kegiatan jarak pendek, pakai sepeda. Jadi, kalau pun belum bisa naik sepeda ke kantor, paling tidak di kantor ada sepeda untuk datang di pertemuan-pertemuan. Dengan begitu, kita memanfaatkan sepeda dengan benar-benar sebagai alat transportasi," jelasnya.

Selain itu, Anies meminta pengelola gedung di DKI memiliki kewajiban menyediakan tempat parkir sepeda minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia khusus untuk sepeda.

"Kami juga menganjurkan untuk disiapkan tempat berbilas. Sehingga, memudahkan para pekerja yang memilih untuk bekerja berangkat menggunakan sepeda itu, ada kenyamanan karena mereka tiba ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ungkapnya.

Anies juga punya rencana melanjutkan pengerjaan jalur sepeda sepanjang 101 kilometer sampai akhir tahun 2021. Adapun jalur sepeda total saat ini adalah 63 kilometer. Harapan Anies, Ibu Kota memiliki jalur sepeda dengan total panjang 170 kilometer sampai akhir tahun ini.

Tak cuma sepeda biasa, Anies juga berencana membuat jalur khusus bagi pesepeda road bike di Jalan Jenderal Sudirman hingga MH Thamrin. Sebelumnya, DKI juga telah melakukan uji coba jalur road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang pada Sabtu-Minggu.

Nantinya, pesepeda balap itu akan mendapat jalur khusus setiap hari Senin sampai Jumat pagi di Sudirman-Thamrin, mulai pukul 05.30 WIB sampai 06.30 WIB.  Pengguna sepeda lain tak boleh melintas dan hanya boleh melewati jalur sepeda permanen di sisi kiri jalan.