DKI Buat Jalur Sepeda Permanen di Jalan Sudirman-Thamrin, Pot Tanaman Jadi Pembatas
Ilustrasi (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pemprov DKI mulai mengerjakan pembuatan jalur sepeda secara permanen di Jalan Jenderal Sudirman sampai Jalan MH Thamrin. Pengerjaan dilakukan sampai Maret 2021.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo menyebut jalur sepeda permanen dibuat sepanjang 11,2 kilometer. Lebarnya 2 meter. Lalu, pembatasnya menggunakan pot tanaman.

“Untuk proteksi jalur sepeda, kami menggunakan pot tanaman (planter box) dengan bentuk seperti rantai yang saling terkait,” kata Syafrin dalam keterangannya, Jumat, 5 Februari.

Jalur sepeda permanen di jalan protokol ini akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas bagi pesepeda. Di antaranya adalah way finding, pijakan kaki di kaki simpang dalam lintasan jalur sepeda, dan rest area berupa bike rack pada trotoar.

Dalam pembangunan jalur sepeda permanen ini, Pemprov DKI juga akan mmembangun prasasti berisi ornamen yang menjadi ikon Jakarta dan sepeda. Prasasti ini terletak di trotoar atau jalur pejalan kaki. 

"Jalur sepeda permanen juga akan terintegrasi dengan fasilitas layanan angkutan umum massal, antara lain 9 halte bus Transjakarta, 6 stasiun MRT Jakarta, 1 stasiun kereta Commuter Line, 1 stasiun kereta bandara, dan 1 stasiun LRT Jabodebek," ucap Syafrin.

Ia melanjutkan, pembangunan jalur sepeda permanen diharapkan menjadikan sepeda sebagai moda pilihan dan alternatif dalam perjalanan first mile and last mile untuk menunjang kebijakan transportasi yang berorientasi transit

“Kami mohon partisipasi dan dukungan seluruh stakeholder di lingkungan Pemprov DKI Jakarta beserta masyarakat di Jakarta agar turut mengampanyekan program Jakarta Ramah Bersepeda dengan menyukseskan pembangunan jalur sepeda permanen di ruas Jalan Sudirman sampai MH Thamrin,” imbuh dia.