Dapat Penghargaan Transportasi, Anak Buah Anies: Bukan Hanya Banggakan Jakarta, Tapi Indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

Bagikan:

JAKARTA - DKI Jakarta mendapatkan penghargaan Sustainable Transport Award (STA) 2021 atas program integrasi antarmoda transportasi publik berkelanjutan.

Direktur Utama BUMD PT Transjakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyebut, moda transportasi Transjakarta menaruh peran besar dalam menunjang integrasi transportasi di Jakarta. Kata dia, penghargaan ini tak cuma menjadi kebanggaan Jakarta.

"Seluruh insan Transjakarta saya rasa sangat senang, dapat bahu membahu dengan semua untuk wujudkan visi dan misi Bapak Gubernur DKI beserta seluruh jajarannya untuk masyarakat dan kota Jakarta, tentunya ini membanggakan tidak hanya untuk Jakarta, tapi juga buat Indonesia," kata Jhony dalam keterangan tertulis, Senin, 2 November.

Jhonny bilang, peran Transjakarta dalam peraihan penghargaan layanan transportasi berkelanjutan tak cuma berasal dari layanan Transjakarta yang beroperasi di jalan raya, melainkan juga lewat adanya Jaklingko yang melayani mobilitas warga di area pemukiman.

"Arahan Pak Gubernur (Anies Baswedan) terkait integrasi angkutan umum dan keberlangsungan Transportasi publik di Jakarta melalui program Jaklingko cukup menjadi prioritas warga," tutur dia.

 

Sebelumnya, Anies menyebut Jakarta mendapat penghargaan STA 2021. Penghargaan tahunan ini diberikan kepada kota yang telah menunjukkan komitmen, kemauan politik, serta visi dalam bidang transportasi berkelanjutan dan pembangunan perkotaan.

"Saya turut berbangga dengan pencapaian Jakarta dalam peningkatan inovasi transportasi terintegrasi. Ini adalah pengingat bahwa kami harus terus berupaya meningkatkan layanan transportasi yang sudah ada, sehingga kenyamanan warga dalam bertransportasi terjamin," tutur Anies.

Dalam setahun terakhir, kata Anies, jajaran Pemprov DKI Jakarta, BUMD, dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta. 

Di antaranya, perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik. 

"STA 2021 ini adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC," ucap Anies.