Miliki Perbatasan Sepanjang 650 Kilometer dengan Ukraina, Rumania Bakal Beli Jet Tempur F-35 Terbaru
Ilustrasi jet tempur F-35. (Wikimedia Commons/US Air Force)

Bagikan:

JAKARTA - Rumania berencana untuk membeli pesawat tempur F-35 generasi terbaru dari Amerika Serikat untuk meningkatkan pertahanan udaranya, menurut pernyataan dewan pertahanan tertinggi negara yang memiliki perbatasan dengan Ukraina ini, CSAT bulan lalu.

Negara anggota Uni Eropa dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) ini telah meningkatkan belanja pertahanan menjadi 2,5 persen dari produk domestik bruto tahun ini, dari semula hanya 2 persen, sebagai respons terhadap invasi Rusia ke Ukraina.

Sebelumnya, negara yang berbatasan sepanjang 650 km (400 mil) dengan Ukraina ini merupakan tuan rumah bagi sistem pertahanan rudal balistik AS. Sejak tahun lalu, ada kelompok tempur aliansi permanen yang ditempatkan di wilayahnya.

"Memiliki kemampuan operasional pertahanan udara yang kuat, kredibel, dapat dioperasikan, fleksibel, dan efisien... sebagai bagian dari komitmen kami sebagai negara NATO dan Uni Eropa merupakan kunci bagi Rumania untuk memenuhi tujuan kebijakan pertahanannya," jelas pernyataan itu, seperti dikutip dari Reuters 5 Mei.

"Proses modernisasi angkatan udara akan terus berlanjut melalui akuisisi jet tempur F-35 generasi terbaru," lanjut pernyataan itu.

Kendati demikian, dewan tersebut tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai waktu atau jumlahnya.

Jika terealisasi, Rumania dapat menjadi sekutu Eropa Timur ketiga, setelah Polandia dan Republik Ceko, yang mengoperasikan pesawat generasi kelima tersebut.

Dewan Tertinggi Pertahanan Nasional Rumania (CSAT) merupakan badan negara yang diketuai oleh Presiden Klaus Iohannis.

"Pesawat-pesawat ini ... memungkinkan untuk mencapai dan mempertahankan superioritas udara, sebuah kondisi wajib untuk memastikan kedaulatan di wilayah udara nasional dan, jika perlu, pertahanannya," sebut badan itu seperti mengutip Defense News.

Tahun lalu, Presiden Klaus Iohannis mengatakan Rumania sedang mempertimbangkan untuk membeli pesawat F-35 Lightning III, yang dibuat oleh produsen senjata AS Lockheed Martin Corp.

Pada Bulan Desember, Kementerian Pertahanan Rumania menandatangani kesepakatan untuk membeli tujuh sistem pesawat tanpa awak Watchkeeper X dari perusahaan elektronik pertahanan Israel, Elbit Systems.

Sementara pada Bulan Maret, Kementerian Pertahanan mengatakan Rumania akan membeli tank Abrams yang dibuat oleh General Dynamics., sebagai bagian dari rencana akuisisi pertahanan yang lebih luas.