Dinobatkan Hari Ini, Raja Inggris Charles III Gunakan Kursi Bersejarah yang Dipakai Sang Kakek George VI
Raja Inggris Charles III. (Wikimedia Commons/ukhouseoflords)

Bagikan:

JAKARTA - Raja Inggris Charles III akan menggunakan kembali kursi bersejarah yang digunakan leluhurnya, untuk prosesi penobatannya yang digelar pada Hari Ini.

Raja Charles III akan duduk di kursi singgasana yang pernah digunakan oleh kakeknya, Raja George VI pada saat penobatan tahun 1937 silam.

Permaisuri Camilla juga akan menggunakan kursi berlapis ulang, identik dengan yang digunakan oleh mendiang Ibu Suri pada tahun 1937. Namun, lambang Ibu Suri akan diganti dengan versi bordir baru yang dibuat oleh Royal School of Needlework.

Caroline de Guitaut, deputy surveyor of the King's Works of Art at the Royal Collection Trust mengatakan: "(Raja) sangat ingin menggunakan kembali barang-barang yang memungkinkan dan jelas ini adalah hal yang sangat efisien dan berkelanjutan," melansir The National News 1 Mei.

Dia mengatakan, keputusan tersebut menghormati sifat bersejarah dari benda-benda tersebut sekaligus melestarikannya untuk generasi mendatang.

Upacara penobatan akan melibatkan suksesi kursi untuk raja, yang akan berpindah dari kursi warisan ke kursi penobatan kuno untuk dinobatkan, dan akhirnya ke kursi singgasana untuk penobatan dan elemen penghormatan dalam upacara tersebut.

Permaisuri juga akan duduk di kursi warisan sebelum pindah ke kursi singgasana.

Kursi-kursi yang awalnya dibuat untuk Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip pada penobatan tahun 1953, telah diperbaharui dengan jok baru dan sandi Raja Charles dan Camilla yang disulam oleh RSN.

Kursi singgasana tersebut direstorasi oleh AT Cronin Workshop, sebuah perusahaan keluarga pelapis kain di London barat, selama dua bulan dengan menggunakan bahan dan metode tradisional.

Selain kursi-kursi yang telah direstorasi, 100 kursi jemaat yang terbuat dari kayu ek Inggris akan diletakkan di Westminster Abbey, dilapisi beludru biru dengan sandi-sandi Raja dan Permaisuri.

Nantinya, kursi-kursi ini akan dijual setelah penobatan dan uang yang terkumpul akan disumbangkan untuk amal.

Diketahui, komitmen terhadap keberlanjutan ini tidak hanya terbatas pada perabotan yang digunakan selama acara.

Anak-anak sekolah dasar akan dikirimi bibit bunga liar untuk memperingati penobatan tersebut, dan cagar alam nasional baru akan diumumkan secara resmi pada musim panas, termasuk Cagar Alam Nasional Lincolnshire Coronation Coast.