Peta Langka Era Joseon dari Abad ke-19 Dikembalikan ke Korea Selatan
Peta langka Semenanjung Korea. (Sumber: Cultural Heritage Administration)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah peta langka Semenanjung Korea yang berasal dari abad ke-19 telah dikembalikan ke Korea Selatan dari Jepang.

Administrasi Warisan Budaya (CHA) pada Hari Kamis meluncurkan "Daedongyeojido," yang sebelumnya dimiliki oleh seorang kolektor Jepang.

Pejabat dari Yayasan Warisan Budaya Korea di Luar Negeri terbang ke negara itu, untuk memeriksa kondisi peninggalan tersebut dan menegosiasikan kesepakatan untuk pengembaliannya. 

Pada bulan Maret, pemerintah Korea membelinya dengan dana lotere dan membawanya kembali ke Korea. Harganya tidak diungkapkan, dengan alasan kerahasiaan.

"Daedongyeojido," yang diterjemahkan sebagai "peta teritorial Timur Besar," pertama kali dibuat oleh kartografer dan ahli geografi Kim Jeong-ho pada tahun 1861 pada masa Kerajaan Joseon (1392-1910). 

Peta ini diterbitkan ulang pada tahun 1864 dalam bentuk 22 buklet yang dapat dilipat. Peta ini sangat penting pada masanya, karena merupakan salah satu upaya pertama dalam pemetaan Korea yang komprehensif, menggambarkan semua divisi administratif, fitur fisik, dan desa-desa di negara ini dengan sangat rinci.

Peta yang dikembalikan adalah edisi cetak blok kayu yang diproduksi pada tahun 1864. Peta ini berwarna dan berisi "gapil," atau revisi yang ditulis tangan. Ini juga berisi informasi geografis dari "Dongyeodo," atlas lain yang menampilkan informasi geografis Korea era Joseon, termasuk 1.800 rute lalu lintas, fasilitas militer, dan nama-nama lokasi.

Tidak seperti Dongyeodo, yang diterjemahkan sebagai "atlas Negara Bagian Timur", Daedongyeojido menghilangkan banyak nama tempat dan wilayah karena kesulitan dalam mengukir balok kayu.

Edisi yang dikembalikan dari Jepang adalah contoh pertama yang diketahui yang mengompensasi keterbatasan Daedongyeojido yang dicetak dengan balok kayu dengan menyalin anotasi dari Dongyeodo.

"Daedongyeojido yang dipulangkan ini menyajikan format dan isi yang berbeda dibandingkan dengan edisi lain dalam koleksi Korea, sehingga kembalinya Daedongyeojido ini dari Jepang memiliki arti penting," kata seorang pejabat CHA, seperti melansir Korea Times 31 Maret.

Edisi Daedongyeojido ini terdiri dari 23 buklet - 22 untuk peta dan satu untuk daftar peta. Formatnya mengikuti format Dongyeodo.

Sebagai contoh, buklet kedua, yang menggambarkan Gunung Paektu dan daerah sekitarnya, menunjukkan jarak antara fasilitas militer dan batu peringatan yang menandai perbatasan pada saat itu dengan China, sebuah fitur yang tidak ada dalam edisi Daedongyeojido yang dicetak dengan blok kayu.

Pada buklet ke-14, yang menggambarkan Pulau Ulleung di Laut Timur dan daerah sekitarnya, dituliskan titik keberangkatan untuk kapal-kapal yang menuju ke pulau tersebut. Hal ini tidak ditemukan dalam edisi Daedongyeojido lainnya.

"Daedongyeojido yang ditemukan kembali akan memberikan bahan untuk penelitian, tentang produksi dan penggunaan peta pada masa Kerajaan Joseon. Ini juga akan memperluas cakupan penelitian tentang informasi geografis era Joseon sebagai edisi cetak balok kayu pertama dengan anotasi transkrip dari Dongyeodo yang telah diidentifikasi hingga saat ini," tandas pejabat CHA.