Komite Parlemen Korea Selatan Terbitkan Resolusi Penghapusan Dokdo dari Peta Olimpiade Tokyo
Kapal patrolo polisi Korea Selatan di Dokdo. (Wikimedia Commons/Ulleungdont)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah Komite Parlemen Korea Selatan pada Hari Rabu mengeluarkan resolusi yang mengecam, klaim baru Jepang atas kedaulatan pulau-pulau paling timur Korea Selatan di Dokdo dalam peta Olimpiade Tokyo 2020.

Dokdo, yang terletak di Laut Timur, muncul di peta rute estafet obor yang diunggah di situs web Olimpiade Tokyo, dalam klaim teritorial yang jelas atas pulau-pulau Korea Selatan oleh pemerintah Jepang.

Komite Kebudayaan Majelis Nasional mengadakan sesi pleno dan mengeluarkan resolusi yang mengecam Komite Olimpiade Jepang, karena memasukkan Dokdo sebagai bagian dari Jepang dalam peta rute estafet obor. Resolusi itu didukung oleh 234 anggota parlemen bipartisan.

Dalam resolusi tersebut, anggota parlemen menggambarkan pencantuman Dokdo di peta sebagai langkah yang melanggar kedaulatan Korea Selatan, meregresi hubungan Seoul-Tokyo dan menyerukan penghapusan Dokdo segera dari peta.

Resolusi tersebut juga meminta Komite Olimpiade Internasional (IOC), untuk mengambil tindakan proaktif terhadap kontroversi peta, dan juga menekankan perlunya Pemerintah Korea Selatan untuk terlibat dalam diplomasi dengan Jepang dan IOC mengenai masalah tersebut.

Diketahui, Dokdo telah lama menjadi sumber ketegangan yang berulang antara kedua tetangga, karena Tokyo terus mengklaim pulau-pulau di Laut Timur, yang telah berada di bawah kendali efektif Seoul sejak pembebasan Korea dari pemerintahan kolonial Jepang 1910-45.

Belum lama ini, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengatakan, dirinya percaya peta abad ke-18 yang ditunjukkan kepadanya oleh Perpustakaan Senat Spanyol, menunjukkan Pulau Dokdo selalu menjadi bagian dari Korea Selatan, sebut Cheong Wa Dae atau Kantor Kepresidenan Korea Selatan.

Melansir Korea Herald Kamis 17 Juni, pernyataan ini dikeluarkan saat Presiden Moon berada di Spanyol, usai kunjungan di Austria dan sebelumnya mengikuti KTT Negara Kelompok 7 (G7) di Inggris, Akhir pekan lalu. 

Peta yang diproduksi tahun 1730-an dan diyakini sebagai yang tertua yang digambar oleh orang Eropa itu menunjukkan, Pulau Dokdo sebagai bagian dari Joseon, kerajaan yang mendahului Korea moderen, sebut kantor kepresidenan.