Pertama Kali, Panda Raksasa Kebun Binatang Tokyo Lahirkan Anak Kembar
Salah satu anak panda raksasa di inkubator. (Tangkapan layar YouTube/毎日新聞)

Bagikan:

JAKARTA - Dua anak panda raksasa lahir Rabu 23 Juni di Taman Zoologi Ueno Tokyo, kata pemerintah metropolitan, menandai pertama kalinya anak kembar lahir di kebun binatang tertua di Jepang.

Melansir Kyodo News, induk panda bernama Shin Shin (15 tahun), melahirkan bayi kembar pada Rabu pagi, yang jenis kelaminnya masih belum diketahui, kata kebun binatang.

Ibu dan anak-anaknya tampak dalam keadaan sehat, tetapi karena panda jarang memelihara dua anak sekaligus, salah satu dari si kembar telah dimasukkan ke dalam inkubator, sehingga dapat dirawat oleh penjaga kebun binatang. Anak itu memiliki berat 124 gram, menurut kebun binatang. Anak lainnya bersama induknya.

Shin Shin dan pasangannya Ri Ri yang berusia sama, juga orang tua dari panda raksasa Xiang Xiang (4). Pasangan itu, dengan status pinjaman dari China, juga memiliki seekor anak pada Juli 2012, tetapi anak itu meninggal enam hari setelah lahir karena pneumonia.

Berita kelahiran si kembar mendapat perhatian khalayak ramai. Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Katsunobu Kato menyambutnya gembira kelahiran ini, dengan menyebutnya sangat positif.

panda kembar
Panda raksasa Shin Shin. (Tangkapan layar YouTube/毎日新聞)

Sebuah department store Matsuzakaya di Ueno memasang pesan ucapan selamat di papan reklame elektronik, sementara seorang pegawai di kafe terdekat mengatakan dia berharap kelahiran si kembar akan membuat turis berdatangan, setelah pandemi virus corona membuat wisata terpukul.

"Kami semua sangat senang mendengar kabar baik," menambahkan, "Panda raksasa adalah harta nasional dan kartu nama China," kata Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian

Kelahiran bayi panda adalah hal yang baik bagi hubungan China-Jepang yang belakang menegang karena beberapa masalah, termasuk Kepulauan Senkaku Jepang yang diklaim China. 

"Saya lega ketika Shin Shin menggendong bayinya. Saya terkejut dan benar-benar bahagia ketika yang kedua lahir," tutur direktur kebun binatang Yutaka Fukuda.

Untuk diketahui, Shin Shin dan Ri Ri tiba di kebun binatang Tokyo pada Februari 2011 dari Tiongkok. Masa peminjaman keduanya diperpanjang hingga tahun 2026, karena ketidakpastian pandemi. Sementara, Xiang Xiang diperpanjang masa peminjamannya hingga akhir tahun ini. 

Sementara, Kebun Zoologi Ueno, yang dibuka pada tahun 1882, menerima panda pertamanya pada tahun 1972 dari Cina, untuk memperingati normalisasi hubungan bilateral kedua negara.