Jubir Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito Positif Tepapar Virus Corona
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: dok BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dinyatakan positif COVID-19. Wiku terkonfirmasi terpapar berdasarkan hasil swab antigen pada Jumat, 18 Juni.

"Saya kemudian melakukan swab PCR dan hasilnya saya terima hari ini yaitu positif COVID-19," ucap Wiku dalam keterangannya, Sabtu, 19 Juni.

Berdasarkan tracing, Wiku memilki riwayat perjalanan ke berbagai daerah. Sebab, selama dua pekan terakhir dia disibukan dengan berbagai tugas negara.

"Dalam beberapa minggu terakhir, saya melakukan kunjungan kerja ke beberapa daerah yang mengalami lonjakan kasus COVID-19 cukup tinggi seperti Kudus dan Bangkalan,” tutur Wiku.

"Saya melakukan perjalanan dinas ke berbagai daerah dengan secara disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terdapat kemungkinan saya terpapar saat melakukan kegiatan tersebut saat daya tahan tubuh mengalami penurunan karena kelelahan," sambungnya.

Meski terpapar COVID-19, Wiku menyebut kondisinya masih baik. Tapi, dia meminta kepada pihak-pihak yang sempat kontak erat dengannya untuk melakukan test antigen sebagai upaya testing dan juga tracing.

"Saya juga meminta kepada masyarakat untuk secara disiplin mematuhi protokol kesehatan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata dia.

Wiku mengingatkan, siapapun dapat tertular COVID-19 dan hanya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, maka kita dapat mencegah diri dari penularan COVID-19.

“Terakhir, saya ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh tim Satgas Penanganan COVID-19, BNPB, KPC-PEN, dan rekan-rekan media. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan perlindungan dari pandemi COVID-19,” pungkas Wiku.