Sepasang Panda Raksasa Pulang ke China Setelah 23 Tahun Berada di Kebun Binatang Amerika Serikat
Panda raksasa Mei Xiang meninggalkan kebun binatang. (Sumber: Smithsonian's National Zoo and Conservation Biology Institute/Skip Brown)

Bagikan:

JAKARTA - Sepasang panda raksasa kesayangan Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Washington D.C tiba kembali di negara asalnya, China, bulan lalu, setelah 23 tahun berada di Amerika Serikat.

Panda-panda tersebut, Mei Xiang dan Tian Tian tiba bersama dengan anaknya, Xiao Qi Ji yang dilahirkan pada tahun 2020 lalu. Mei Xiang dan Tian Tian dipinjamkan untuk program penelitian dan pembiakan, dikutip dari CBS News 30 November.

"Mei Xiang, Tian Tian dan Xiao Qi Ji telah mendarat di Chengdu, setelah penerbangan aman. Tim kami akan tinggal selama beberapa hari hingga panda-panda tersebut kerasan," tulis kebun binatang dalam ungahan di X.

Menempuh perjalanan selama 19 jam, dengan pemberhentian pengisian bahan bakar di laskan, panda-panda tersebut juga membawa 220 pon bambu, 8 pon biskuit pemakan daun, 5 pon biskuit rendah pati, 6 pon apel, 5 pon wortel, 6 pon ubi jalar, 3 pon tebu, 1 pon pir dan 1 pon labu matang.

Mei Xiang dan Tian Tian datang ke kebun binatang pada tahun 2000 sebagai bagian dari perjanjian antara kebun binatang dan Asosiasi Margasatwa dan Konservasi China. Tahap awal, kedua panda akan tinggal selama 10 tahun. Seiring dengan perpanjangan beberapa kali, perjanjian tersebut akan berakhir pada 7 Desember mendatang.

Selama berada di Washington, Mei Xiang telah melahirkan tujuh anak. Tiga meninggal sebelum dewasa dan tiga lainnya telah dikembalikan ke Tiongkok lebih awal. Sesuai perjanjian, bayi panda dikembalikan pada usia 4 tahun.

Diketahui, Kebun Binatang Nasional pertama kali menerima panda dari Tiongkok pada tahun 1972 dalam upaya menyelamatkan spesies tersebut dengan membiakkannya. Kebun binatang ini telah memiliki pasangan panda sejak saat itu.

Setelah kepulangan panda dari Kebun Binatang Nasional, kini hanya tersisa empat panda raksasa yang menjadi bagian dari program ini yang tersisa di AS. Menariknya, keempatnya berasal dari satu keluarga.

Ya, mereka adalah Lun Lun dan Yang Yang, sepasang panda raksasa di Kebun Binatang Atlanta, serta keturunan mereka Ya Lun dan Xi Lun. Keluarga panda ini diperkirakan akan kembali ke Tiongkok pada tahun 2024.

Selain kedua kebun binatang tersebut, San Diego juga memiliki panda sebagai bagian dari perjanjian itu, menerima dua panda pertama pada tahun 1987. Mereka seharusnya tinggal hanya selama 100 hari. Namun, dengan beberapa kali perpanjangan perjanjian, Bai Yun serta Shi Shi tetap tinggal di sana hingga 2019 lalu. Selama di Negeri Paman Sam, mereka memiliki enam bayi.

Berikutnya ada Kebun Binatang Memphis yang memiliki perjanjian pinjaman selama 20 tahun dengan Tiongkok, berakhir pada tahun 2023 dengan pengembalian Ya Ya pada Bulan April, menurut Associated Press.

Salah satu panda jantan mereka, Le Le, membantu panda lain di seluruh dunia untuk mengandung bayi melalui inseminasi buatan, kata pihak kebun binatang. Le Le meninggal pada bulan Februari sebelum kembali ke Tiongkok.