Dean of Windsor Pimpin Pemakaman Pribadi Ratu Elizabeth II, Raja Charles III dan Keluarga Kerajaan Hadir
Raja Charles III meletakkan The Queen's Company Colour of the Grenadier Guards di atas peti mati Ratu Elizabeth II. (Twitter @Royal Family)

Bagikan:

JAKARTA - Dean of Windsor David Conner memimpin upacara pemakaman pribadi Ratu Elizabeth II di Kapel Peringatan Raja George VI, Senin malam.

Usai sebelumnya peti mati Ratu diturunkan ke Royal Vault dalam layanan pemakaman di Kapel St. George dengan dihadiri sekitar 800 tamu undangan. Pemakaman Ratu gelar tertutup untuk keluarga, tanpa media.

"Pemakaman pribadi diadakan di Kapel Peringatan Raja George VI malam itu, dipimpin oleh Dekan Windsor," tulis website royal.uk dalam pengumumannya seperti dikutip Selasa 20 September.

"Sang Ratu dimakamkan bersama dengan The Duke of Edinburgh, di The King George VI Memorial Chapel," sambung pengumuman tersebut.

Raja Charles III dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya kembali ke Kapel St. George untuk layanan keluarga pribadi, seperti melansir BBC.

Mereka akan menyaksikan Ratu dimakamkan di kapel peringatan Raja George VI, yang berada di dalam Kapel St George, bersama mendiang suaminya, Duke of Edinburgh.

Rincian layanan tidak diungkapkan, dengan pihak Istana Buckingham menyebutnya sebagai "acara keluarga yang sangat pribadi".

Ratu dimakamkan di Kapel St George, di halaman Kastil Windsor, tempat yang dia cintai selama hidupnya. Putri Elizabeth dan Margaret menghabiskan sebagian besar tahun perang di Kastil Windsor. Di kemudian hari, Ratu sering tinggal di sana bersama anak-anaknya.

Dia juga menjamu pejabat asing, dari Ronald Reagan hingga Mikhail Gorbachev di kastil. Ia sering berkunjung ke Royal Windsor Horse Show.

Ratu akhirnya pindah ke Kastil Windsor selama pandemi virus corona, dan menyiarkan pesan "Kita akan bertemu lagi" dari sana.

Diketahui, kapel ini dibangun oleh Raja Edward IV pada tahun 1475 di Kastil Windsor, yang telah menjadi milik monarki selama hampir 1.000 tahun.

Sepuluh mantan raja dimakamkan di kapel. Ini termasuk George IV dan George III, Raja yang berkuasa ketika AS merdeka dari Kerajaan Inggris.

Anggota keluarga kerajaan yang berbeda dimakamkan di bagian dan kubah yang berbeda di dalam kapel.

Adapun Ratu Elizabeth II dan sang suami Duke of Edinburgh dimakamkan di Kapel Peringatan Raja George VI, di mana ayahnya, Raja George VI, Ibu Suri dan saudara perempuannya Putri Margaret juga dimakamkan.