Usai Ibadah Pemakaman di Westminster Abbey, Peti Mati Ratu Elizabeth II Dibawa ke Wellington Arch
Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari Westminster Abbey menuju Wellington Arch. (Tangkapan layar BBC)

Bagikan:

JAKARTA - Peti mati Ratu Elizabeth II dibawa menuju Wellington Arch, salah satu landmark di Kota London, usai mengikuti ibadah di Westminster Abbey.

Seperti sebelumnya, peti mati Ratu diletakkan di atas Kereta Meriam Kerajaan, ditarik oleh 142 prajurit Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

Di belakangnya, Raja Charles III, bersama adik-adiknya, Putri Anne, Pangeran Andrew dan Pangeran Edward mengiringi dengan berjalan kaki. Termasuk juga Pangeran William, Pangeran Harry dan anggota senior kerajaan lainnya.

Sementara, Camilla, Permaisuri Ratu, dan Catherine, Putri Wales, akan mengikuti dengan mobil tepat di belakang Raja dan bangsawan senior lainnya. Kendaraan kedua akan membawa Meghan, Duchess of Sussex, dan Sophie, Countess of Wessex, melansir BBC 19 September.

Mounties dari Royal Canadian Mounted Police memimpin prosesi di paling depan.

Sementara itu, para pemimpin dunia sedang menuju ke resepsi yang diselenggarakan oleh Menteri Luar Negeri James Cleverly.

pemakaman ratu elizabeth ii
Raja Charles III beserta anggota keluarga kerajaan mengiring peti jenazah Ratu Elizabeth II menuju Wellington Arch. (Tangkapan layar BBC)

Personel militer dan polisi akan berbaris di sepanjang jalan, bersama dengan kerumunan besar. Pengaturan pemakaman kenegaraan ini berada pada skala yang tidak terlihat di Inggris selama 70 tahun, sejak prosesi pemakaman Raja George VI pada tahun 1952. Lebih dari 3.000 personel militer ambil bagian bersama dengan organisasi sipil.

Secara umum, peti mati Ratu akan melintasi rute sepanjang Broad Sanctuary, Parliament Square, Whitehall, Horse Guards Parade, Horse Guards Road, The Mall, Constitution Hill dan berakhir di Wellington Arch London.

Peti mati Ratu Elizabeth II kemudian akan dibawa dari Wellington Arch oleh State Hearse ke Kastil Windsor, untuk proses pemakaman selanjutnya.