Uskup Agung Canterbury Refleksikan Mendiang Ratu Elizabeth II Tepati Janji dengan Baik
Uskup Agung Canterbury menyampaikan khutbah dalam ibadah pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey. (Tangkapan layar BBC)

Bagikan:

JAKARTA - Uskup Agung Canterbury Justin Welby mengajak merefleksikan janji yang ditepati dengan baik oleh Ratu Elizabeth II, saat menyampaikan khutbah di ibadah pemakaman yang digelar di Westminster Abbey, Senin.

"Pola bagi banyak pemimpin adalah untuk ditinggikan dalam hidup dan dilupakan setelah kematian," kata Uskup Agung Canterbury, mengutip BBC 19 Septmber.

"Pola bagi semua orang yang melayani Tuhan, terkenal atau tidak dikenal, dihormati atau diabaikan, adalah bahwa kematian adalah pintu menuju kemuliaan. Yang Mulia dengan terkenal menyatakan dalam siaran ulang tahun ke-21 bahwa seluruh hidupnya akan didedikasikan untuk melayani Bangsa dan Persemakmuran. Jarang sekali janji seperti itu ditepati dengan baik!."

"Orang-orang yang melayani dengan penuh kasih jarang terjadi dalam kehidupan mana pun. Pemimpin yang melayani dengan penuh kasih masih lebih jarang. Tetapi dalam semua kasus, mereka yang melayani akan dicintai dan diingat ketika mereka yang berpegang teguh pada kekuasaan dan hak istimewa dilupakan."

"Saya tahu Yang Mulia memiliki iman yang sama kepada Yesus Kristus seperti ibunya," tandasnya.

pemakaman ratu elizabeth ii
Ibadah pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey. (Tangkapan layar BBC)

Dalam kesempatan itu, Uskup Agung Canterbury juga mendoakan keluarga kerajaan yang ditinggal mendiang Ratu Elizabeth II.

"Kami berdoa terutama untuk semua keluarganya, berduka karena setiap keluarga di pemakaman - termasuk begitu banyak keluarga di seluruh dunia yang baru-baru ini kehilangan seseorang - tetapi dalam kasus keluarga ini melakukannya dalam sorotan paling terang."

Dia merenungkan siaran Ratu selama coronavirus yang berakhir dengan kata-kata dari lagu terkenal Vera Lynn: "Kita akan bertemu lagi."

Uskup Agung Canterbury mengakhiri khotbahnya dengan mengatakan "kita semua dapat berbagi harapan Ratu yang dalam hidup dan mati menginspirasi kepemimpinan pelayannya".

"Pelayanan dalam hidup, harapan dalam kematian.

"Semua yang mengikuti teladan Ratu, dan inspirasi kepercayaan dan iman kepada Tuhan, dapat bersamanya berkata: 'Kita akan bertemu lagi.'"