Suara Tembakan, Dentang Lonceng dan Masyarakat Sambut Kedatangan Peti Mati Ratu Elizabeth II di Kastil Windsor
Mobil jenazah yang mambawa peti mati Ratu Elizabeth saat berjalan menuju Kastil Windsor. (Tangkapan layar BBC)

Bagikan:

JAKARTA - Peti mati Ratu Elizabeth yang dibawa dengan mobil jenazah kerajaan dari Wellington Arch, tiba di Komplek Kastil Windsor.

Masih dalam mobil jenazah, peti mati Ratu Elizabeth II dibawa dari Albert Road melalui Long Walk yang terkenal di Kastil Windsor ke arah Kapel St George, di mana layanan pemakaman selanjutnya akan dilakukan.

Parade akan melintasi Gerbang Cambridge, Cambridge Drive, dan Gerbang George IV kastil, dengan sebagian besar rute yang dipagari oleh anggota angkatan bersenjata, melansir BBC 19 September.

Nantinya, peti matu Ratu akan bergabung dengan Raja Charles II dan anggota Keluarga Kerajaan lainnya.

Ditutupi bunga, mobil jenazah melewati anggota Pengawal Grenadier Batalyon 1, sebelum menuju Kastil Windsor.

Masyarakat terlihat memadati sisi kanan-kiri selama proses Long Walk, memberi penghormatan terakhir terhadap mendiang Ratu Elizabeth II.

Lee Buller (37) dari Reading, berpikir itu pas. "Saya pikir ini adalah tempat favoritnya, selain Balmoral. Ini adalah rumah aslinya yang dia cintai."

Dia suka begitu banyak orang di sini hari ini, ingin mengatakan betapa dia menghormati Ratu.

"Saya tahu mudah untuk mengatakan bahwa dia dilahirkan dalam hak istimewa, tetapi tidak banyak yang akan mendedikasikan hidup mereka seperti yang dia lakukan untuk melayani melalui perang dan pandemi," pujinya.

Suara senapan kecil yang ditembakkan dan lonceng berdentang terdengar sebagai penanda kedatangan Ratu.

Diketahui, jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan hari ini, setelah terlebih dahulu menjalani ibadah pemakaman di Westminster Abbey.

Tempat peristirahatan terakhir Ratu adalah kapel peringatan Raja George VI di Kapel St George, Kastil Windsor, tempat ibu dan ayahnya dimakamkan, bersama dengan abu saudara perempuannya, Putri Margaret.