Tongkat Kerajaan dan Mahkota Diserahkan Kepada Dean of Windsor: Alunan Bagpipe Iringi Penurunan Peti Mati Ratu Elizabeth II
Peti mati Ratu Elizabeth II di Kapel St. George, Kastil Windsor. (Tangkapan layar BBC)

Bagikan:

JAKARTA - Mahkota Negara Kekaisaran, Orb, dan Tongkat Kerajaan dipindahkan dari tempatnya di atas peti mati Ratu Elizabeth II oleh Crown Jeweller.

Mereka akan dikembalikan ke Menara London, tetapi untuk saat ini diserahkan kepada Dean Windsor yang menempatkan di atas altar, melansir BBC 19 September.

Kemudian, peti mati Ratu perlahan-lahan diturunkan ke brankas kerajaan, sebelum pemakamannya nanti dalam layanan keluarga pribadi.

Dean of Windsor kemudian membacakan mazmur dan pujian.

Setelahnya, Raja Charles III dan anggota keluarga kerajaan satu per satu keluar dari Kapel St. George.

Usai menyalami Dean of Windsor dan Uskup Agung Canterbury, Raja Charless III didamping Permaisuri Ratu Camilla meninggalkan kapel, menggunakan mobil kerajaan. Disusul kemudian anggota keluarga kerajaan lainnya.

pemakaman ratu elizabeth ii
Tongkat kerajaan, mahkota dan orb diletakkan di altar Kapel St. George. (Tangkapan layar BBC)

Namun pada pukul 19:30 malam waktu setempat, Raja dan kerabatnya akan kembali ke kapel untuk pemakaman Ratu. Dia akan dikebumikan di sebelah mendiang suaminya, Duke of Edinburgh.

Rincian layanan itu belum diungkapkan, dengan Istana Buckingham menyebutnya sebagai "acara keluarga yang sangat pribadi".

Diketahui, tempat peristirahatan terakhir Ratu adalah kapel peringatan Raja George VI di Kapel St George, Kastil Windsor, tempat ibu dan ayahnya dimakamkan, bersama dengan abu saudara perempuannya, Putri Margaret.