Bagikan:

JAKARTA - Raja Inggris Charles III memberikan penghormatan kepada para pelaut yang bertugas dalam pemakaman Ratu Elizabeth II pada sebuah upacara di Kastil Windsor.

Sekitar 150 pria dan wanita dari Royal Navy menerima medali Royal Victorian Order yang diberikan di sela-sela upacara luar ruangan pada Hari Selasa.

Para penerima termasuk personel angkatan laut yang menarik peti mati ratu dalam prosesi di atas kereta senjata berusia 123 tahun menggunakan tali, sebuah tradisi yang berasal dari pemakaman Ratu Victoria.

Semua pelaut tersebut memainkan peran kunci dalam pemakaman penting itu, di mana kesalahan apa pun akan terlihat dan disebarkan ke seluruh dunia dalam hitungan detik.

Pemandangan yang mencolok dari para pelaut dalam seragam khas mereka dengan kerah biru dan putih serta topi putih, berbaris serempak dan bertindak sebagai Sovereign's Guard, adalah salah satu gambaran yang menentukan dari pemakaman tersebut.

penghargaan pelaut inggris
Raja Charles III saat upacara pemberian penghargaan kepada para pelaut yang berjasa saat pemakaman Ratu Elizabeth II. (Twitter/@RoyalFamily)

Raja Charles III secara pribadi mempersembahkan medali tersebut, sebagai pengakuan atas tugas yang dilakukan sebagai penghormatan kepada mendiang ibunya.

Salah satunya Asisten Medis Paisley Chambers-Smith, yang dianugerahi Royal Victorian Medal karena menarik kereta senjata bersama rekan-rekannya.

"Ini bukan sesuatu yang saya bayangkan akan segera saya lakukan dalam karir saya. Pelatihannya sangat sulit tetapi sepadan, dan pada hari itu, merupakan kehormatan besar untuk berada di sana," kenangnya, seperti dilansir dari The National News 31 Mei.

Rekannya dari Royal Marine, Sersan Stephen Leonard juga sedang bertugas, merupakan salah satu petugas yang berdiri di Parliament Square ketika peti mati ratu melintas.

"(Sangat) luar biasa untuk berada di sana," ungkap Chambers-Smith.

"Kebanggaan mengambil alih saat Anda berjalan di jalan-jalan London dan hanya mengetahui bahwa Anda ada di sana dan menjadi bagian dari sejarah selamanya," tuturnya.

Mengomentari obrolan singkatnya dengan Raja Charles III, dia berkata: "Dia menanyakan bagaimana latihan untuk pemakaman, yang sangat sulit, sangat sulit dan sepatu bot baru membuat kaki Anda sakit."

Chambers-Smith, yang sedang hamil, mengatakan raja juga "bertanya kapan kelahiran bayinya dan bagaimana keadaannya, berdiri di tengah cuaca yang panas".

Di bawah terik matahari musim panas, enam orang dievakuasi keluar dari lapangan parade setelah tampaknya pingsan, tetapi dua di antaranya kembali untuk menerima penghargaan mereka.

Sementara itu, Warrant Officer Class One Eddie Wearing, perwira pelatihan upacara kenegaraan untuk Angkatan Laut Kerajaan yang mengatur perencanaan pemakaman pada 19 September 2022, diangkat menjadi anggota Royal Victorian Order.

"Semua orang dipanggil kembali dan pelatihan dimulai. Kami memiliki waktu 10 hari dari awal hingga akhir untuk membuat semua orang berseragam dan dilatih pada tingkat yang tepat untuk pemakaman pada hari ke-10," kata WO1 Wearing.

"Ini adalah sesuatu dari perspektif komando yang telah kami latih ... hanya saja menyiapkan orang-orangnya dan itulah yang membutuhkan waktu, tetapi saya pribadi berpikir bahwa kami benar-benar siap," paparnya.

Personel Angkatan Laut Kerajaan diangkat menjadi anggota Royal Victorian Order oleh Raja Charles pada Bulan Maret sebagai bagian dari daftar Penghormatan Kematian, yang secara tradisional diterbitkan setelah kematian seorang raja, untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang telah memberikan layanan pribadi kepada mendiang penguasa.

Diiringi oleh band militer, mereka berparade ke dalam lapangan segi empat Kastil Windsor melalui Gerbang George IV, dan menuju segi empat di mana raja menerima penghormatan kerajaan.

Raja Charles III didampingi oleh First Sea Lord, memberikan medali kepada masing-masing penerima secara individual.

Diketahui, penghargaan Royal Victorian Order merupakan hadiah pribadi raja, diberikan secara independen dari Downing Street, dan dianugerahkan untuk layanan kepada keluarga kerajaan Inggris.