Qatar Airways Raih Gelar Ketujuh Terbaik di Dunia, Maskapai Asia Dominasi 10 Besar Penghargaan 'Oscar' Penerbangan 2022
Maskapai penerbangan terbaik di dunia tahun 2022. (Sumber: Qatar Airways, Wikimedia Commons/Alan Wilson/Per aspera ad Astra/G B_NZ/Melv_L - MACASR/ Kolase - VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Maskapai penerbangan Qatar Airways kembali menjadi yang terbaik di dunia tahun 2022 atau untuk kali ketujuh, mengungguli maskapai dari Eropa hingga Amerika dengan maskapai Asia mendominasi peringkat 10 besar.

Qatar Airways terpilih sebagai 'World’s Best Airline' di 2022 World Airline Awards yang diumumkan 23 September lalu. Dikenal sebagai 'Oscar dari industri penerbangan', ini dijalankan oleh konsultan Skytrax yang berbasis di Inggris, dengan semua penghargaan berdasarkan survei kepuasan pelanggan global.

"Qatar Airways adalah maskapai penerbangan terbesar yang terbang secara konsisten selama pandemi COVID-19, dengan jaringan mereka tidak pernah jatuh di bawah 30 tujuan, dan tekad itu jelas telah diakui dengan baik oleh pelanggan dengan penghargaan ini," kata Edward Plaisted dari Skytrax, melansir Euronews 29 September.

Sementara, CEO Qatar Airways Akbar Al Baker, memberikan pujian kepada karyawannya, atas dedikasi dan pelayanan yang diberikan, untuk memastikan setiap penumpang memeroleh pengalaman terbaik.

penghargaan maskapai terbaik di dunia
Qatar Airways menjadi maskapai terbaik di dunia tahun 2022. (Sumber: Qatar Airways)

"Untuk dinobatkan sebagai Maskapai Terbaik Dunia selalu menjadi tujuan ketika Qatar Airways diciptakan, tetapi untuk memenangkannya untuk ketujuh kalinya dan mengambil tiga penghargaan tambahan adalah sebuah bukti atas semua kerja keras karyawan kami yang luar biasa," ujarnya melansir situs Qatar Airways.

"Memenangkan penghargaan ini di tahun yang sama saat kami merayakan ulang tahun ke 25 kami bahkan lebih berharga dan saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada semua penumpang kami yang memilih kami," tandasnya.

Selain maskapai penerbangan terbaik, Qatar Airways juga memenangkan gelar World's Best Business Class, World's Best Business Class Lounge Dining dan gelar Best Airline in the Middle East dalam gelaran tahun ini.

Mengutip Asian Aviation, penilaian tahun ini diikuti oleh lebih dari 350 maskapai yang termasuk dalam hasi survei. Singapore Airlines menempati posisi kedua di dunia, dengan Emirates ketiga, ANA All Nippon Airways keempat dan Qantas Airways melengkapi posisi lima teratas maskapai terbaik di dunia tahun ini.

Secara keseluruhan, maskapai Asia mendominasi daftar 10 besar maskapai terbaik di dunia tahun 2022. Bahkan, saat daftar peringkat diperluas menjadi 20 besar, maskapai asal Asia tetap mendominasi.

Di Asia, Qatar Airways dan Singapore Airlines menjadi yang tersukses. Di Amerika Utara, Delta Air Lines sukses di Amerika Utara, memenangkan enam penghargaan. Di Eropa, Turkish Airlines mendominasi, menerima empat penghargaan termasuk gelar Best Airline in Europe yang sangat kompetitif.

20 Maskapai Terbaik Dunia 2022

  1. Qatar Airways
  2. Singapore Airlines
  3. Emirates
  4. ANA All Nippon Airways
  5. Qantas Airways
  6. Japan Airlines
  7. Turkish Airlines
  8. Air France
  9. Korean Air
  10. Swiss Int’l Air Lines
  11. British Airways
  12. Etihad Airways
  13. China Southern
  14. Hainan Airlines
  15. Lufthansa
  16. Cathay Pacific
  17. KLM
  18. EVA Air
  19. Virgin Atlantic
  20. Vistara