Bagikan:

JAKARTA - Air New Zealand adalah maskapai penerbangan terbaik dunia pada tahun 2023 menurut Airline Ratings, situs web peringkat produk dan keselamatan penerbangan.

Maskapai Negeri Kiwi itu mampu 'mengkudeta' posisi Qatar Airways yang selama dua tahun menduduki posisi teratas, turun ke posisi kedua.

Dipuji karena keselamatan operasionalnya, komitmennya untuk membuat penerbangan lebih berkelanjutan dan stafnya yang ramah, ini merupakan kali ketujuh Air New Zealand menjadi terbaik.

Maskapai ini juga mendapat pujian atas inovasi dalam penerbangannya, khususnya tempat tidur susun Skynest yang ekonomis. Direncanakan akan diluncurkan pada penerbangan jarak jauh mulai September tahun depan, pod tidur ini akan menjadi tempat tidur susun bertingkat tiga pertama di dunia pada sebuah maskapai penerbangan komersial.

"Seperti semua maskapai penerbangan di seluruh dunia, Air New Zealand menghadapi gangguan parah selama dan setelah pandemi dan tahun ini tantangan besar dari badai dan topan. Maskapai ini telah merespons dengan baik. Tim redaksi kami terkesan dengan komitmen maskapai terhadap penumpang ekonomi dan dalam penerbangan jarak jauh menawarkan lebih banyak pilihan kenyamanan daripada maskapai lain," kata Pemimpin Redaksi Airline Ratings Geoffrey Thomas, melansir The National News 31 Mei.

Kendati turun ke peringkat kedua secara keseluruhan, tetapi maskapai Teluk tersebut mempertahankan posisinya sebagai maskapai penerbangan dengan layanan kelas bisnis terbaik selama empat tahun berturut-turut.

qatar airways
Qatar Airways. (Wikimedia Commons/Øyvind Holmstad)

Tak hanya itu, Qatar Airways juga berhasil menyabet penghargaan untuk katering dalam penerbangan terbaik.

Sementara itu, maskapai penerbangan Uni Emirat Arab (UEA) Etihad Airways berhasil menduduki peringkat ketiga. Maskapai tersebut dipuji atas komitmennya untuk membuat penerbangan lebih ramah lingkungan, yang menjadi tolok ukur bagi industri penerbangan, menurut Thomas.

"Etihad Airways telah menunjukkan kepemimpinannya dalam mendorong penerbangan berkelanjutan dengan program Greenliner Boeing 787 dan tahun lalu dengan pesawat Sustainability 50, A350," terangnya.

"Dalam setiap aspek, staf dan manajemen Etihad Airways berkomitmen untuk mengurangi jejak CO2 maskapai dan itu terlihat. Frasa yang menggalang adalah 'sejuta hal diperhitungkan' dalam mengurangi emisi dan dengan demikian fokusnya menghabiskan semua. Laporan Keberlanjutan maskapai 2021-2022 menunjukkan potensi kemajuan yang harus dilakukan dalam penerbangan berkelanjutan melalui berbagai inisiatif, terkoordinasi untuk mencapai pengurangan intensitas emisi sebesar 20 persen pada armada penumpangnya pada tahun 2025, untuk memangkas emisi bersih tahun 2019 sebesar 50 persen pada tahun 2035, dan untuk mencapai emisi net-zero pada tahun 2050," paparnya.

Korean Airlines dan Singapore Airlines melengkapi daftar lima besar maskapai penerbangan terbaik di dunia pada tahun 2023, dengan maskapai Singapura juga membawa pulang penghargaan karena memiliki kabin kelas satu terbaik di dunia.

Untuk penghargaan kategori lainnya, Virgin Australia/Virgin Atlantic meraih penghargaan maskapai dengan kru paling ramah. Sementara Qantas Australia dinobatkan sebagai maskapai dengan lounge terbaik untuk pelancong.

Sedangkan Emirates yang baru saja mengumumkan Penelope Cruz sebagai duta terbarunya dan menduduki peringkat kesepuluh, namun memenangkan penghargaan untuk hiburan dalam penerbangan terbaik dunia dan kabin ekonomi premium terbaik.

Berikut 20 Maskapai Terbaik di Dunia Tahun 2023:

1. Air New Zealand

2. Qatar Airways

3. Etihad Airways

4. Korean Air

5. Singapore Airlines

6. Qantas

7. Virgin Australia/Virgin Atlantic

8. EVA Air

9. Cathay Pacific Airways

10. Emirates

11. Lufthansa / Swiss

12. SAS

13. TAP Portugal

14. All Nippon Airways

15. Delta Air Lines

16. Air Canada

17. British Airways

18. Jet Blue

19. JAL

20. Vietnam Airlines