Bagikan:

JAKARTA - Qatar Airways berhasil menjadi maskapai penerbangan terbaik di dunia, usai mengungguli maskapai terbaik tahun lalu, Singapore Airlines, dalam penghargaan industri penerbangan versi Skytrax tahun 2024.

Keberhasilan tahun ini menjadi gelar kedelapan bagi Qatar Airways dalam 25 tahun sejarah penghargaan bergengsi ini, sebagai pengakuan atas kualitas layanan yang ditawarkan kepada penumpang dengan

"Ini adalah pencapaian luar biasa bagi Qatar Airways untuk memenangkan gelar Maskapai Terbaik Dunia tahun 2024, yang kedelapan kalinya mereka menang," kata CEO Skytrax Edward Plaisted saat pemberian penghargaan yang dihadiri oleh para eksekutif maskapai dan awak kabin di sebuah rumah bangsawan dekat Bandara Heathrow, London, Inggris, melansir CNN 24 Juni.

"Kami mengucapkan selamat kepada Qatar Airways atas keberhasilan ini yang seharusnya menjadi sumber kebanggaan dan kepuasan besar bagi manajemen dan staf maskapai," lanjutnya.

Maskapai Timur Tengah ini telah membangun reputasi yang kuat selama dekade terakhir, membantu Bandara Internasional Hamad Qatar yang memenangkan penghargaan memantapkan dirinya sebagai pusat penerbangan global untuk bersaing dengan tetangganya, Dubai dan Abu Dhabi.

singapore airlines
Armada Airbus A380 Singapore Airlines. (Wikimedia Commons/ken H)

Qatar Airways diperkirakan memiliki sekitar 230 armada pesawat, terdiri dari sekitar 10 pesawat superjumbo A380, Boeing 777-300ER, Boeing 787-8 dan 787-9, Airbus A350-900 dan A350-1000, ditambah berbagai jet berkapasitas lebih kecil.

"Ini adalah momen yang membanggakan bagi Qatar Airways dan merupakan kehormatan bagi saya untuk berbagi penghargaan ini dengan rekan-rekan kerja keras saya," kata CEO maskapai Badr Mohammed Al-Meer dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Skytrax.

The World’s Top 20 Airlines of 2024

  1. Qatar Airways
  2. Singapore Airlines
  3. Emirates
  4. ANA All Nippon Airways
  5. Cathay Pacific
  6. Japan Airlines
  7. Turkish Airlines
  8. EVA Air
  9. Air France
  10. Swiss International Air Lines
  11. Korean Air
  12. Hainan Airlines
  13. British Airways
  14. Fiji Airways
  15. Iberia
  16. Vistara
  17. Virgin Atlantic
  18. Lufthansa
  19. Etihad Airways
  20. Saudi Arabian Airlines

"Penghargaan ini adalah bukti dedikasi tanpa henti kami untuk menyediakan layanan dan inovasi yang tak tertandingi. Kami berharap untuk meraih lebih banyak kemenangan di masa mendatang," tambahnya.

Skytrax yang berbasis di Inggris mengatakan, suara yang dikumpulkan dari survei terhadap lebih dari 21 juta pelanggan dari 100 negara (sekitar 350 maskapai penerbangan) tahun ini, merupakan persaingan terketat sejak penghargaan dimulai pada tahun 1999, sehingga memerlukan penghitungan ulang.

Kalah tipis dari Qatar Airways, Singapore Airlines berada di posisi kedua. Melengkapi daftar 10 besar ada Emirates Dubai di posisi ketiga, diikut berturut-turut ANA All Nippon Airways Jepang, Cathay Pacific Hong Kong, Japan Airlines, Turkish Airlines, EVA Air Taiwan, Air France dan Swiss International Airlines.

The World’s Best Cabin Crew 2024

  1. Singapore Airlines
  2. ANA All Nippon Airways
  3. Garuda Indonesia
  4. EVA Air
  5. Cathay Pacific Airways
  6. Hainan Airlines
  7. Japan Airlines
  8. Thai Airways
  9. Qatar Airways
  10. Malaysia Airlines

Selain maskapai terbaik di dunia, sejumlah penghargaan juga dibagikan tahun ini. World’s Best Low-Cost Airline kembali disabet oleh AirAsia, mengulang mengulang prestasi yang telah diraihnya setiap tahun sejak 2010. Sedangkan Scoot dari Singapura dinobatkan sebagai Maskapai Berbiaya Rendah Jarak Jauh Terbaik Dunia.

Pimpinan AirAsia Tony Fernandes mengatakan, keberhasilan maskapainya yang tak tergoyahkan adalah berkat kerja keras awak kabin "Allstars" yang dipadukan dengan loyalitas merek yang kuat.

"Tidak ada perusahaan lain yang terlintas dalam benak saya dalam mencapai kemenangan beruntun seperti itu, dan kami sangat bangga akan hal itu," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Kami mendedikasikan penghargaan ini untuk semua Allstars kami yang bekerja tanpa lelah untuk mewujudkan hari ini, dan juga untuk semua orang yang tetap setia kepada kami melalui pasang surut yang dialami AirAsia," lanjutnya.

airasia
Ilustrasi armada AirAsia. (Wikimedia Commons/kallerna)

World’s Best Low-Cost Airlines 2024

  1. AirAsia
  2. Volotea
  3. Flynas
  4. Transavia France
  5. Indigo
  6. Vueling Airlines
  7. irBaltic
  8. Iberia Express
  9. Ryanair
  10. easyJet
  11. flyDubai
  12. Jet2.com
  13. Eurowings
  14. SKY Airline
  15. JetSMART Airlines

Singapore Airlines meraih penghargaan untuk Staf Kabin Terbaik Dunia, Layanan Kelas Satu Terbaik dan Maskapai Penerbangan Terbaik di Asia.

Berikutnya ANA meraih penghargaan untuk Layanan Bandara Terbaik Dunia, serta Layanan Staf Maskapai Penerbangan Terbaik di Asia. Ada juga Saudia dinobatkan sebagai Maskapai Penerbangan Paling Berkembang di Dunia, mengalahkan Starlux Taiwan dan Play Islandia di posisi kedua dan ketiga.

Masih di Asia, Bangkok Airways meraih penghargaan Maskapai Regional Terbaik Dunia untuk tahun kedelapan berturut-turut, sementara Vistara dinobatkan sebagai maskapai India/Asia Selatan terbaik dan Fiji Airways sebagai Maskapai Terbaik di kawasan Australia/Pasifik.

Di Afrika, Ethiopian Airlines dinobatkan sebagai maskapai terbaik benua itu selama enam tahun berturut-turut. Sementara, Turkish Airlines menjadi maskapai terbaik di Eropa, airBaltic menjadi pemenang di Eropa Timur, dan Hainan Airlines menjadi maskapai terbaik di Tiongkok.

Terpisah, Delta Air Lines dinobatkan sebagai maskapai terbaik di Amerika Utara, sekaligus meraih penghargaan untuk layanan staf maskapai terbaik di kawasan tersebut.

Terakhir, ada juga maskapai terbersih di dunia yang diraih oleh Cathay Pacific, diikuti oleh ANA, EVA, Qatar dan Singapore Airlines.