Saling Balas Sanksi Soal Invasi Ukraina, Rusia dan Amerika Serikat Kompak Hidupkan Kembali Kesepakatan Nuklir Iran
Fasilitas nuklir Iran di Natanz. (Wikimedia Commons/Hamed Saber)

Bagikan:

JAKARTA - Rusia mengatakan pada Hari Selasa, pihaknya telah menulis jaminan mereka dapat melaksanakan pekerjaannya sebagai pihak dalam kesepakatan nuklir Iran, menunjukkan Moskow dukungan Moskow untuk menghidupkan kembali Kesepakatan Nuklir Iran 2015.

Komentar Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov tampaknya menandakan Moskow mungkin telah mundur dari pandangan sebelumnya, menilai sanksi Barat yang dikenakan pada Rusia atas invasinya ke Ukraina merupakan halangan untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir.

Menlu Lavrov pada 5 Maret secara tak terduga menuntut jaminan menyeluruh, perdagangan Rusia dengan Iran tidak akan terpengaruh oleh sanksi terkait Ukraina, permintaan yang dikatakan kekuatan Barat tidak dapat diterima dan Washington bersikeras tidak akan menerimanya.

Di bawah kesepakatan, yang secara resmi disebut Rencana Aksi Komprehensif Gabungan (JCPOA) tahun 2015, Iran setuju untuk membatasi program nuklirnya untuk mempersulit pengembangan bom nuklir, sebuah ambisi yang dibantahnya, sebagai imbalan atas keringanan sanksi ekonomi global.

"Kami telah menerima jaminan tertulis, mereka termasuk dalam teks perjanjian tentang menghidupkan kembali JCPOA, dan dalam teks-teks ini ada pertahanan yang dapat diandalkan dari semua proyek yang disediakan oleh JCPOA dan kegiatan tersebut, termasuk menghubungkan perusahaan dan spesialis," terang Menlu Lavrov seperti melansir Reuters 16 Maret.

Berbicara pada konferensi pers dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian di Moskow, Menlu Lavrov juga membantah Rusia merupakan penghalang untuk menghidupkan kembali perjanjian 2015.

"Saya telah mendengar bagaimana Amerika setiap hari mencoba menuduh kami menunda perjanjian, itu bohong. Perjanjian itu akhirnya tidak disetujui di beberapa ibu kota, dan ibu kota Rusia, Moskow, bukan salah satunya," ungkapnya.

sergei lavrov
Menlu Rusia Sergei Lavrov. (Wikimedia Commons/Kremlin.ru/Пресс-служба Президента РФ)

Dampak positif tanggapan Moskow, harga minyak dunia turun lebih dari 6 persen, ditarik oleh komentar Menlu Lavrov bahwa Moskow mendukung kesepakatan nuklir yang dilanjutkan sesegera mungkin.

Namun, para pejabat Barat mengatakan mereka tidak yakin apakah Rusia puas dengan jaminan mereka dapat melaksanakan proyek-proyek nuklir di bawah kesepakatan 2015, atau jika menginginkan "hak untuk perdagangan bebas dan penuh, kerja sama ekonomi dan investasi dan kerja sama militer-teknis" dengan Iran yang dicari Menlu Lavrov pada 5 Maret.

Terpisah, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan kepada wartawan, kebangkitan kembali kesepakatan nuklir tidak akan menjadi 'jalan keluar' bagi Rusia untuk menghindari sanksi yang dijatuhkan karena perang Ukraina.

"Kami tentu saja tidak akan memberikan sanksi atas partisipasi Rusia dalam proyek nuklir yang merupakan bagian dari melanjutkan implementasi penuh JCPOA. Kami tidak bisa dan tidak akan, dan kami belum memberikan jaminan lebih dari itu kepada Rusia," papar Price.

Pejabat AS lainnya, yang berbicara dengan syarat anonim, menanggapi dengan hati-hati komentar Lavrov, dengan mengatakan hal itu mungkin berarti Moskow telah menerima pandangan AS, invasi Rusia ke Ukraina seharusnya tidak menggagalkan kesepakatan nuklir Iran.

"Mungkin sekarang jelas bagi Moskow, seperti yang telah kami katakan secara terbuka, sanksi baru terkait Rusia tidak terkait dengan JCPOA dan seharusnya tidak berdampak pada implementasinya," terang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS ini.

Diketahui, upaya untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir telah berlangsung selama 11 bulan terakhir belum memberikan kepastian. Iran mengatakan Amerika Serikat tidak memiliki kemauan politik untuk menyelesaikan beberapa masalah luar biasa dalam negosiasi nuklir di Wina.

Iran telah bersikeras Washington menghapus sanksi terkait hak asasi manusia dan terorisme, termasuk yang dijatuhkan pada 2019 pada Pengawal Revolusi elitnya (IRGC).

Adapun Menlu Amirabdollahian mengatakan, jeda dalam pembicaraan Wina dapat membantu menyelesaikan beberapa masalah yang beredar dan menyebut Rusia bukanlah halangan.

"Jika kita dapat mencapai kesepahaman dengan Amerika Serikat tentang beberapa masalah yang menjadi garis merah kita dan mencapai kesepakatan akhir, Rusia akan mendukung kita sampai akhir pembicaraan untuk mencapai kesepakatan nuklir yang baik, stabil dan kuat," tandasnya.

Untuk diketahui, Pada tahun 2018, Presiden AS saat itu Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir, yang dirancang untuk menghentikan Iran mengembangkan senjata nuklir.

Ia memilih menerapkan kembali sanksi dalam upaya untuk memaksa Teheran ke dalam pembicaraan mengenai kesepakatan yang lebih luas, yang juga akan membahas program rudal balistik dan dukungan untuk proksi di Timur Tengah.

Iran menanggapinya dengan melanggar banyak pembatasan kesepakatan dan mendorong jauh melampaui mereka, memperkaya uranium untuk mendekati tingkat bom nuklir dan menggunakan sentrifugal canggih untuk melakukannya, yang telah membantu mengasah keterampilannya dalam mengoperasikan mesin tersebut.