Virgin Galactic  Umumkan Penundaan Penerbangan Unity 23 karena Masalah Cacat Manufaktur
Penerbangan Unity 22, yang sukses namun dianggap menjalani jalur penerbangan yang menyimpan menurut FAA. (foto: twitter)

Bagikan:

JAKARTA - Virgin Galactic Holdings Inc pada Jumat, 10 September mengumumkan penundaan misi penelitian komersial pertamanya dengan Angkatan Udara Italia hingga pertengahan Oktober nanti karena potensi cacat manufaktur.

Perusahaan juga mengaitkan penundaan misi, bernama "Unity 23", dengan resolusi penyelidikan yang tertunda oleh Administrasi Penerbangan Federal AS (FAA).

Virgin Galactic mengatakan pada Jumat lalu, bahwa pemasok pihak ketiga memperingatkan adanya potensi cacat manufaktur dalam komponen sistem kontrol penerbangan selama persiapan uji terbang.

"Saat ini, belum diketahui apakah ada cacat pada kendaraan perusahaan dan jika ada, pekerjaan perbaikan apa yang mungkin diperlukan," kata perusahaan, seraya menambahkan bahwa pihaknya sedang melakukan inspeksi dengan vendor.

Misi awalnya sebenarnya sudah ditetapkan pada akhir September atau awal Oktober untuk membawa tiga anggota awak yang membayar dari Angkatan Udara Italia dan badan pemerintah yang berbasis di Roma, National Research Council.

FAA sendiri sedang menyelidiki penerbangan yang membawa miliarder Richard Branson ke luar angkasa pada bulan Juli. FAA pekan lalu melarang penerbangan SpaceShipTwo sampai badan tersebut menyetujui laporan kecelakaan terakhir atau menentukan bahwa masalah tersebut tidak mempengaruhi keselamatan publik.