Virgin Galactic Ungkap Kru yang akan Meluncur pada Penerbangan Komersial Pertama Minggu Ini
Virgin Galactic mengumumkan kru yang akan meluncur untuk penerbangan luar angkasa komersial pertama, Galactic 01. (foto: Virgin Galactic )

Bagikan:

JAKARTA - Virgin Galactic baru saja mengumumkan kru yang akan meluncur untuk penerbangan luar angkasa komersial pertama perusahaan, Galactic 01.

Kru, yang berjumlah tiga orang termasuk Kolonel Walter Villadei (Angkatan Udara Italia), Letkol Angelo Landolfi, (Dokter di Angkatan Udara Italia), Pantaleone Carlucci (Insinyur di Dewan Riset Nasional Italia), Colin Bennett (Instruktur Astronot Virgin Galactic).

"Galactic 01 adalah penerbangan luar angkasa komersial pertama kami, dan kami merasa terhormat telah dipilih oleh Angkatan Udara Italia dan Dewan Riset Nasional untuk mendukung misi penelitian luar angkasa pertama mereka, Virtute 1," ungkap CEO Virgin Galactic, Michael Colglazier.

"Misi penelitian Virgin Galactic akan mengantarkan era baru akses berulang dan andal ke ruang angkasa bagi pemerintah dan lembaga penelitian di tahun-tahun mendatang," imbuhnya.

Para kru akan melakukan beberapa eksperimen sains suborbital selama penerbangan 90 menit tersebut, seperti menguji peralatan untuk mengukur radiasi kosmik dan mempelajari berbagai material dalam kondisi gayaberat mikro, yang dijadwalkan pada 29 Juni.

Kabin VSS Unity akan diubah menjadi lab sains suborbital untuk menyediakan lingkungan bagi muatan yang dipasang di rak, dan bagi kru untuk berinteraksi dengan muatan yang dapat dikenakan.

Mantan letnan kolonel Angkatan Udara AS Michael Masucci akan mengemudikan VSS Unity, sementara pilot militer AS yang berpengalaman Kelly Latimer dan Jameel Janjua akan menerbangkan VMS Eve, kapal induk yang membawa VSS Unity ke luar angkasa.

Jika misi tersebut berhasil, Virgin Galactic bisa mulai bersaing dengan perusahaan yang sama-sama menawarkan penerbangan penumpang komersial ke luar angkasa, seperti SpaceX milik Elon Musk dan Blue Origin milik Jeff Bezos.

Penerbangan luar angkasa komersial kedua yang dinamai Galactic 02 diperkirakan akan berlangsung pada awal Agustus, yang diklaim perusahaan akan diikuti oleh penerbangan luar angkasa bulanan. Demikian dikutip dari The Verge, Selasa, 27 Juni.