Demam NFT, Liga Spanyol Kerja sama dengan Sorare untuk Bikin <i> Non-Fungible Token </i>
La Liga mencari cara inovatif untuk menawarkan pengalaman baru dan menarik kepada penggemar (foto: EuroNews)

Bagikan:

JAKARTA – La Liga dikabarkan menjalin kemitraan dengan Sorare untuk membuat NFT. Divisi sepak bola papan atas Spanyol tersebut berencana membuat NFT untuk seluruh pemainnya dalam bentuk kartu digital yang bisa diperjualbelikan.

“Penggemar, kolektor, dan pemain sepak bola fantasi La Liga untuk pertama kalinya akan dapat secara bebas berdagang dan bermain dengan kartu digital pemain dari La Liga,” tulis pengumuman dari La Liga.

Blockchain News melaporkan bahwa kerja sama dengan Sorare tersebut merupakan batu yang bisa membuka aliran pendapatan baru bagi klub-klub La Liga. Liga kasta tertinggi di Spanyol itu dihuni sejumlah klub sepak bola terbesar dunia seperti FC Barcelona, Real Madrid, dan Atletico Madrid.

Selain itu, platform berbasis Ethereum Sorare dilaporkan punya misi untuk menjalin kemitraan dengan 20 liga sepak bola terbaik di dunia, salah satunya adalah Premier League (EPL) di Inggris pada tahun mendatang.

Presiden La Liga Javier Tebas mengungkapkan bahwa langkah tersebut merupakan bagian dari upaya menawarkan pengalaman menarik kepada para penggemar di seluruh dunia.

“Di La Liga kami selalu mencari cara inovatif untuk menawarkan pengalaman baru dan menarik kepada penggemar kami dan untuk memperluas daya tarik kompetisi kami, yang terbesar di dunia,” kata Javier Tebas.

Bersamaan dengan itu, CEO dan founder Sorare Nicolas Julia menyebutkan bahwa NFT merupakan masa depan fandom olah raga global yang bisa mempererat para fans dengan klub.

“NFT adalah masa depan fandom olahraga global karena memungkinkan para penggemar berkumpul dan merasakan kepemilikan atas olahraga yang mereka sukai,” ungkap Julia.

Sebagai informasi, Sorare merupakan video game sepak bola fantasi yang dibangun di atas teknologi blockchain Ethereum. Melalui Sorare pengguna bisa membentuk tim kesukaannya dan bisa saling bertukar kartu pemain sepak bola. Kartu digital tersebut dikemas dalam bentuk NFT.

Hal ini sejalan dengan tujuan Sorare sendiri untuk meningkatkan adopsi NFT dan teknologi blockchain kepada masyarakat global. Selain itu, kartu NFT tersebut memiliki nilainya masing-masing karena bersifat terbatas dan langka. Untuk mewujudkan misinya, Sorare dikabarkan tengah berusaha mengumpulkan pendanaan senilai 530 juta dolar AS (Rp7,5 triliun) untuk mendanai rencana tersebut.

Beberapa waktu lalu, superstar La Liga yang belum lama pindah dari Barcelona ke PSG, Lionel Messi dikabarkan membuat sejumlah NFT sendiri. Messi juga mengumumkan informasi tersebut di akun Instagram pribadinya.