Liverpool FC Perdalam Kimitraan dengan Sorare dalam Bisnis NFT di <i>Online Gaming</i>   
Liverpool FC jalain kemitraan lebih dalam dengan Sorare dalam bisnis NFT. (foto: twitter @LFC)

Bagikan:

JAKARTA – Manajemen Liverpool FC, Kamis 22 September mengumumkan jika mereka akan bekerja sama dengan startup blockchain olahraga, Sorare,  yang berbasis di Prancis. Kemitraan ini akan memperdalam keterlibatan The Reds dalam bisnis NFT yang saat ini tengah berkembang.

Sorare, dengan gim olahraga fantasi online-nya telah berkecimpung dalam penjualan kartu olahraga digital berlisensi yang dapat digunakan gamers untuk membangun tim untuk berkompetisi satu sama lain, mengatakan mereka memiliki kemitraan multi-tahun eksklusif dengan Liverpool untuk membuat konten dan pengalaman bagi para suporter.

Kartu untuk gim dapat dibeli dan diperdagangkan dalam bentuk token non-fungible (NFT), semacam aset crypto yang mencatat status kepemilikan barang digital di blockchain.

Menurut Sorare kerja sama sejak 2021 adalah penjualan kartu Liverpool di platform mereka. Sementara kesepakatan baru tersebut akan memungkinkan gamers melakukan tur ke Stadion Anfield markas Liverpool, menonton pertandingan, membeli souvenir klub dan konten video, yang ditawarkan sebagai hadiah untuk pemenang game online.

Koleksi-koleksi terkait olahraga terbukti merupakan jenis NFT yang populer ketika pasar aset digital meledak menjadi industri bernilai miliaran dolar tahun lalu, meskipun kegilaan tentang NFT saat ini telah mereda dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut lembaga pelacak pasar kripto, Cryptoslam, harga jual rata -rata NFT Sorare pada bulan Agustus adalah 86,14 dolar AS (Rp1,3 juta), turun dari harga tertinggi sekitar 280 dolar AS (Rp4,2 juta) pada bulan Maret tahun lalu.

Watchdog perjudian di Inggris kini juga tengah menyelidiki Sorare untuk menilai apakah permainannya adalah bentuk perjudian. Namun seorang juru bicara Sorare mengatakan bahwa tuduhan ini "tidak relevan" dalam kemitraan mereka dengan Liverpool.

"Sorare tetap sangat yakin itu tidak menawarkan bentuk perjudian, dan ini telah dikonfirmasi oleh pendapat hukum ahli di setiap tahap sejak perusahaan didirikan, termasuk ketika menandatangani kemitraan baru," kata juru bicara itu, seperti dikutip Reuters.

Sorare mengatakan memiliki lebih dari 2 juta pengguna di seluruh dunia dan memiliki kemitraan dengan lebih dari 280 juta organisasi olahraga, termasuk Major League Baseball di Amerika Serikat dan klub sepak bola Inggris.