Sorare, NFT Olahraga Terbesar Perluas Jaringan ke AS
Gerard Pique dari Barcelona, ikut berinvestasi di Sorare. (foto; instagram)

Bagikan:

JAKARTA – Gim  sepak bola fantasi berbasis Blockchain Sorare telah mengumpulkan 680 juta dolar AS dalam putaran pendanaan yang dipimpin oleh SoftBank. Beberapa figur terkenal seperti mantan pemain internasional Inggris Rio Ferdinand dan Gerard Pique dari Spanyol juga berinvestasi di Sorare, kata perusahaan itu pada Selasa, 21 September.

Sorare yang berbasis di Paris mengatakan nilai investasi perusahaan sudah mencapai sebesar 4,3 miliar dolar AS (Rp61 triliun). Sorare yang didirikan pada tahun 2018, adalah perusahaan game online di mana pemain membeli kartu berlisensi resmi yang mewakili pemain sepak bola dan membangun tim yang bermain melawan satu sama lain, dengan hasil berdasarkan kinerja pemain dalam game kehidupan nyata.

Kartu tersebut diperdagangkan dalam bentuk non-fungible token (NFT), sejenis aset kripto yang mencatat status kepemilikan barang digital di blockchain.

Pasar untuk NFT telah mengalami pertumbuhan eksplosif pada tahun 2021, dengan jenis token paling populer yang dapat dikoleksi dan terkait dengan olahraga.

"Kami pikir NFT mewakili paradigma baru dalam kolektibilitas, kegunaan, dan keterlibatan dengan aset," Michel Combes, presiden SoftBank Group International, mengatakan dalam komentar email. "Evolusi dari aset fisik ke aset digital ini sangat kuat, dan menciptakan banyak model bisnis potensial yang menarik."

Sorare adalah platform NFT berbasis olahraga terbesar berdasarkan volume penjualan, menurut NonFungible.com, sebuah situs web yang melacak data pasar NFT. Mereka berencana untuk membuka kantor di Amerika Serikat dan memperluas jaringan ke berbagai cabang olahraga, selain sepak bola.

“Kami melihat potensi besar yang dibawa oleh blockchain dan NFT untuk membuka cara baru bagi klub sepak bola, pesepak bola, dan penggemar mereka untuk mengalami hubungan yang lebih dalam satu sama lain,” kata Nicolas Julia, CEO dan salah satu pendiri Sorare. "Kami percaya ini adalah peluang besar untuk menciptakan raksasa hiburan olahraga berikutnya."

Sejak Januari 2021, terdapat 150 juta dolar AS (Rp 2,1 triliun) penjualan di Sorare, yang menerima pembayaran melalui kartu kredit dan cryptocurrency ether. Kartu unik termahal adalah Cristiano Ronaldo, yang dibeli seharga 245.072 euro (Rp 4 miliar) pada 13 Maret.

Putaran penggalangan dana ini adalah pertama kalinya bagi SoftBank berinvestasi di Sorare, melalui SoftBank Vision Fund 2.