Awas, Anak-Anak Kini Bisa Dikenai Pajak dari Penghasilan di Gim <i>Play To Earn</i>
Anak yang brmain GTA bisa raih penghasilan. (foto: twitter @RockstarGames)

Bagikan:

JAKARTA – Anak-anak di era digital dan serba modern ini bisa menghasilkan uang berlimpah. Ini bisa dilakukan lewat bermain gim, membuat konten video di Youtube dan lain sebagainya.

Para Orang tua modern pun perlu lebih memperhatikan kebiasaan bermain anak-anak mereka. Pasalnya menurut spesialis pajak kripto, beberapa di antara mereka mungkin mengumpulkan tagihan pajak yang besar,

Berbicara kepada Cointelegraph selama Australian Crypto Convention pekan lalu, Adam Saville-Brown, kepala regional perusahaan perangkat lunak pajak Koinly, mengatakan bahwa banyak yang tidak menyadari bahwa pendapatan dari game play-to-earn (P2E) dapat dikenakan pajak di tempat yang sama, seperti perdagangan dan investasi crypto.

Ini terutama berlaku untuk game blockchain play-to-earn yang menawarkan token dalam gim yang dapat diperdagangkan di bursa dan dengan demikian memiliki nilai finansial di dunia nyata.

“Orang tua pernah khawatir tentang anak-anak mereka bermain gim seperti GTA, tetapi orang tua sekarang perlu menyadari kompleksitas pajak. Ini  tingkat yang sama sekali baru,” ungkap Saville-Brown.

Saville-Brown juga mengatakan dia didekati selama konvensi oleh seorang ayah dari seorang putra berusia sembilan tahun, yang khawatir bahwa putranya "membuat bank" dari game P2E.

“Bocah sembilan tahun… menambang, mengintai, membuat video Youtube dan TikTok sampai-sampai ayahnya harus membawanya ke sini hari ini karena dia menghasilkan begitu banyak pendapatan,” ungkap Saville-Brown menceritakan kepada Cointelegraph.

Namun, perlakuan pendapatan game P2E, setidaknya di Australia, bisa rumit.

Kepala Pajak Koinly, Danny Talwar, menjelaskan bahwa di Australia jika seseorang bermain gim untuk mendapatkan penghasilan maka mereka bisa dianggap sebagai “menjalankan bisnis” dan dapat menghadapi situasi pajak yang “rumit”.

“Jika Anda seorang gamer profesional, mungkin Anda menjalankan bisnis, jadi Anda akan diperlakukan di bawah aturan seperti itu,” ujar Talwar.

Ini semakin rumit karena para gamer bisa “memainkan game ini sebagai investor” atau “memainkan game ini sebagai pedagang.”

Menurut Kantor Perpajakan Australia, investor tunduk pada keuntungan modal ketika mereka menjual aset mereka, sementara pedagang yang melakukan hal yang sama akan dilihat sebagai "perdagangan saham dalam bisnis," dan dengan demikian setiap keuntungan akan diperlakukan sebagai pendapatan biasa.

Talwar menambahkan bahwa jika pengguna memiliki “niat untuk benar-benar menjalankan bisnis dan memiliki strategi bisnis,” maka itu akan diperlakukan sebagai bisnis untuk tujuan pajak.

Dia mengangkat gim P2E populer Axie Infinity sebagai contoh gim yang mungkin menerima perlakuan bisnis untuk tujuan pajak “karena orang-orang menggunakan gim itu untuk mendapatkan penghasilan.”

Pakar pajak menyarankan bahwa bagaimana seseorang “harus diperlakukan dari perspektif pajak, semuanya menjadi sangat rumit tanpa bimbingan.”

Dia menambahkan bahwa begitu Anda “melempar masalah lain dari anak di bawah umur, di bawah 18 tahun” bermain gim untuk mendapatkan penghasilan dan “menciptakan nilai dalam gim, itu memiliki pasar dengan konsekuensi kena pajak dalam melakukannya sehingga orang tidak perlu menyadarinya.”

Situasi serupa dapat terjadi di Amerika Serikat. Artav at Law, sebuah Firma Hukum A.S., menyatakan bahwa komplikasi muncul karena tidak "semua pendapatan P2E" adalah sama.

Ada area abu-abu sebagai “apa (dan bagaimana) permainan membayar pemain menentukan jenis pajak yang harus dibayar pemain tertentu, apakah pendapatan dalam bentuk NFT? Token? Mempertaruhkan pendapatan? Sebuah airdrop?”

Firma hukum A.S. menyatakan bahwa apakah itu disebut token, cryptocurrency, atau mata uang virtual, token asli dikenai pajak seperti properti tidak berwujud dan tunduk pada pajak capital gain, yang oleh Internal Revenue Service (IRS) memiliki “posisi yang konsisten pada ini setidaknya sejak 2014.”

“Namun, jika Anda mendapatkan token kripto sebagai bagian dari permainan play-to-earn, nilai kripto tersebut dapat dikenakan pajak sebagai pendapatan biasa,” katanya.