Indodax Lihat Potensi GameFi yang Berbasis NFT Kini Makin Banyak Diminati
GameFi punya potensi besar di masa depan (foto: Indodax)

Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, pengaplikasian teknologi blockchain lainnya semakin marak. Tidak hanya NFT yang marak di Indonesia karena kasus Ghozali Everyday, GameFi Play to Earn pun kini semakin diminati khususnya bagi para penggiat gim.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mengatakan bahwa konsep dari GameFi ini berbeda dengan gim pada biasanya. Selain karena GameFi ini berjalan di atas teknologi blockchain, GameFi juga memiliki keuntungan khususnya bagi penggiat gim.

"Berbeda dengan gim pada biasanya yang mengadopsi konsep Pay to Play, dimana gamer yang hendak mendapatkan senjata, item, fitur, skin, dll harus merogoh kocek yang cukup dalam dan membayarnya menggunakan kartu kredit ataupun metode pembayaran lain," ungkap Oscar dalam keterangan tertulis yang diterima pada Jumat, 5 Mei. 

Dia menambahkan, jika para gamer ini memainkan GameFi yang mengadopsi konsep dari Play to Earn, penggiat gim justru yang diuntungkan karena mendapatkan sejumlah reward atau bonus yang didapat. 

Dengan begitu, gamer akan mendapatkan nominal bonus berbentuk kripto yang mana kripto tersebut pun bisa diperjualbelikan melalui crypto exchange.

Oscar juga memprediksi jika GameFi memiliki potensi yang besar di masa mendatang saya. Bahkan mungkin Perusahaan gim ternama seperti Sony, Activision, Electronic Arts, dan lainnya bisa saja terjun ke dunia GameFi.

"Ini yang membuat ekosistem GameFi ini akan semakin ramai dan secara tidak langsung awareness terhadap GameFi juga akan semakin luas," jelas Oscar.

Meskipun masa depan dari konsep GameFi Play to Earn ini cukup cerah, nyatanya industri ini cukup mengalami beberapa tantangan salah satunya terkait tujuan memainkan permainan ini.

"Kadang para gamer hanya berfokus untuk mendapatkan reward kripto yang dihasilkan dari gim ini. Jadi tujuannya memang sudah berbeda dengan memainkan gim konvensional pada umumnya," jelas Oscar. 

"Jadi memang cukup berkesinambungan antara harga kripto dengan GameFi ini. Ditambah karena para gamer yang hanya berfokus pada reward kripto, kadang gim seperti ini kurang sustain," tambahnya. 

Oscar tetap optimis bahwa GameFi konsep play-to-earn ini akan tetap diminati oleh para gamer. Bahkan Oscar yakin dengan semakin mature nya ekosistem blockchain, metaverse, NFT dan lain sebagainya di masa mendatang, dapat membantu perkembangan Game Fi Play to earn ini agar semakin take off.

Terkait