Demam NFT, Bos Tron (TRX) Justin Sun Beli Avatar Tpunks Seharga Rp149 Miliar
Justin Sun beli avatar NFT Tpunks (NFT Street)

Bagikan:

JAKARTA – Baru-baru ini founder Tron (TRX) dikabarkan membeli sebuah avatar Joker dalam bentuk non-fungible token (NFT) senilai 10,5 juta dolar AS atau sekitar Rp149 miliar. Avatar tersebut merupakan bagian dari seri NFT asli Tron yang bernama Tpunks.

Melansir Bitcoin.com News, Tpunks meniru kesuksesan seri Cryptopunks yang terkenal, namun Tpunks berada di blockchain Tron. Sedangkan Cryptopunks berada di blockchain Ethereum.

Seri Tpunks menghadirkan 10.000 avatar, sebagian avatar tersebut cukup langka sehingga diburu oleh para kolektor NFT. Proyek Tpunks tersebut telah meroket dan menempati posisi keempat dalam deretan dApps sebagimana dilaporkan DappRadar.

Hal ini bukan pembelian pertama Justin Sun di market NFT. Sun menjadi penawar aktif dalam penjualan NFT Beeple bernama “Everydays: the Firs 5.000 Days” yang dimiliki Christie. Pendiri Tron itu tela mengajukan tawaran senilai 60 juta dolar AS (Rp856 miliar) untuk NFT Beeple. Namun dia mengungkapkan ada pembeli tak dikenal yang lebih dulu mendapatkannya di harga 250 ribu dolar AS (Rp3,7 miliar) pada menit akhir penawaran.

Meroketnya Popularitas NFT

Dalam beberapa bulan terakhir, popularitas NFT melambung tinggi dalam semesta cryptocurrency. Sejumlah tokoh terkenal telah berkecimpung di dunia NFT, salah satunya adalah rapper terkenal Jay-Z. Dia bermitra dengan rumah pelelangan kenamaan Sotheby’s pada Juni lalu guna melelang aset NFT yang terpengaruh dari album “Reasonable Doubt” milik sendiri yang bernama “Heir to the Throne.”

Jay-Z juga telah menampilkan NFT Cryptopunks di profil Twitter miliknya. Hal ini membuat sebagian orang meyakini bawa rapper tersebut sudah membeli NFT Cryptopunks yang terkenal berharga tinggi itu.

Proyek Cryptopunks sendiri sudah melampaui 1 miliar dolar AS, di bawah Axie Infinity dan OpenSea. Demam NFT juga telah merambah ke perusahaan pembayaraan dunia seperti Visa yang telah melakukan pembelian Cryptopunks seri#7610.